Piala Menpora 2021: Menang Adu Penalti, PSS ke Semifinal

Putra Rusdi K - Sepakbola
Senin, 12 Apr 2021 22:47 WIB
Dua pesepak bola PSS Sleman Nico Velez (kedua kiri) dan Evans (kedua kanan) berusaha mengejar bola dari pesepak bola Bali United Hariono (kiri) saat pertandingan sepak bola perempat final Piala Menpora 2021 di stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (12/4/2021). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.
PSS (hijau) menang adu penalti atas Bali United. Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Kabupaten Bandung -

PSS Sleman berhasil mengalahkan Bali United dengan skor 4-2 melalui adu penalti. Hasil ini mengantar Elang Jawa ke semifinal Piala Menpora 2021.

PSS menghadapi Bali United pada babak perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (12/4/2021) malam WIB. Ancaman sudah dihadirkan Bali United di menit ke-3.

Umpan tendangan bebas Stefano Lilipaly dari sisi kiri menemui kepala Haudi Abdillah. Namun, sundulan Haudi masih bisa diamankan kiper PSS Sleman, Ega Rizky.

Bali United tampil dominan di awal laga. Mereka hampir saja membuka gol pada menit ke-17.

Lilipaly melepas umpan silang dari sisi kiri ke tiang jauh. Bola kemudian disambut Yabes Roni dengan sundulan kepala.

Sundulan Yabes mengenai Samsul Arifin dan mengarah ke gawang. Elang Jawa selamat dari kebobolan usai Ega Rizky melakukan penyelamatan gemilang tepat di garis gawang.

PSS perlahan mulai bisa keluar dari tekanan Bali United. Irfan Jaya mencoba lewat sepakan jarak jauh pada menit ke-21. Upayanya ini masih mampu dibendung oleh Wawan Hendrawan.

Usai cooling break, Nico Velez sempat beraksi di menit ke-39. Ia menusuk dari tengah lapangan.

Mengecoh satu pemain Bali United, Nico melepas sepakan keras dari luar kotak penalti. Namun, bola melambung jauh dari gawang Serdadu Tridatu.

Hingga babak pertama berakhir tak ada gol yang tercipta. Skor tetap 0-0.

Pada menit ke-61, Nico Velez menusuk usai melakukan kerja sama apik dengan Aaron Evans. Namun, kontrolnya kurang baik hingga sepakannya dari sudut sempit masih melebar.

Bali United merespon satu menit berselang. Lerby Eliandri bisa menyontek bola dari umpan silang di sisi kanan. Usaha Lerby ini juga belum mengarah ke gawang.

Pada menit ke-68, Bali United harus kehilangan satu pemain usai I Made Andhika Wijaya mendapatkan kartu merah. Wasit mengusirnya Andhika akibat mengangkat kaki terlalu tinggi saat berduel dengan Saddam Gaffar.

Unggul jumlah pemain, PSS mengurung lini pertahanan Bali United di menit akhir. Namun hingga laga tuntas, tak ada gol yang tercipta,

Skor 0-0 bertahan hingga 90 menit berakhir. Laga kemudian harus dilanjutkan ke adu penalti.

Irfan jaya yang maju sebagai penendang pertama sukses membawa PSS unggul 1-0 usai mengecoh Samuel Reimas. Lilipaly kemudian mampu menyetarakan skor untuk Bali United lewat sepakan penalti terukur.

Kim Kurniawan sebagai eksekutor kedua PSS juga dengan baik menjalankan tugasnya. Skor imbang 2-2 usai Lerby menyarangkan bola ke pojok kanan gawang Ega Rizky.

PSS kembali unggul setelah Fabiano bisa mengecoh Reimas. Elang jawa setelah itu di atas angin karena sepakan Dias Angga melambung.

Wahyu Sukarta mengantarkan PSS menjauh 4-2 dengan eksekusinya ke kanan gawang Reimas. PSS akhirnya memastikan lolos ke semifinal akibat tembakan penendang keempat Bali United Willian Pacheco bisa ditangkap oleh Ega Rizky.

PSS bakal berhadapan dengan Persib Bandung pada babak semifinal.

Susunan Pemain

PSS Sleman: Ega Rizky, Arthur Irawan, Fabiano Beltrame, Mario Maslac, Samsul Arifin; Kim Kurniawan, Aaron Evans, Nico Velez, Arkham Mila, Arsyad Yusgiantoro

Bali United: Wawan Hendrawan; Haudi Abdillah, Willian Pacheco, I Made Andhika Wijaya, Ricky Fajrin; Rizky Pellu, Fadil Sausu, Yabes Roni, Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic



Simak Video "Irfan Bachdim Resmi Berseragam PSS Sleman"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/ran)