Menpora Kaji Wacana Laga Sepakbola dengan Penonton Terbatas

Jauh Hari Wawan S - Sepakbola
Jumat, 16 Apr 2021 23:00 WIB
Menpora Zainuddin Amali
Menpora Zainudin Amali saat meninjau pelaksanaan Semifinal Leg I Piala Menpora 2021 antara Persib Bandung melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman (Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali tengah mengkaji wacana penonton terbatas dalam kompetisi sepakbola. Tapi Menpora takkan buru-buru.

"Memang banyak aspirasi yang sudah disampaikan masyarakat, kepada kami, PSSI, PT LIB. Ada keinginan untuk menyelenggarakan kompetisi dengan penonton yang terbatas," kata Zainudin Amali, saat meninjau laga Semifinal Leg I Piala Menpora 2021 antara Persib Bandung melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (16/4/2021).

Wacana ini mulai mencuat seiring rencana bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 yang masih terhambat oleh pandemi COVID-19. Menpora pun kini tengah mengkaji kemungkinan hadirnya penonton dalam kompetisi.

"Presiden sudah memerintahkan saya untuk berkoordinasi dengan PSSI dengan PT LIB, dengan pihak kepolisian, dan juga dengan Satgas COVID-19 untuk mempersiapkan bagaimana kemungkinan harus kita kaji," ungkapnya.

Wacana ini mesti dipertimbangkan dengan baik-baik dan mendalam. Apalagi penyebaran virus Corona juga masih cukup kencang di tengah upaya pemerintah menghambat laju dengan vaksinasi.

"Ke depannya seperti apa, tentu tugas saya dan PSSI dan PT LIB untuk mempersiapkan kajian, kita tidak mau asal-asalan," tegasnya.

Zainudin tak lupa kembali meminta masyarakat agar mendukung tim kesayangannya di Piala Menpora 2021 dari rumah saja. Sebab jika penyelenggaraan turnamen pramusim ini sukses, bukan tidak mungkin izin kompetisi lain ke depannya bisa segera turun.

"Tapi untuk pramusim ini tetap tanpa penonton," pintanya.

(raw/ran)