NDRC Indonesia Tuntut PSM Makassar Lunasi Tunggakkan Gaji Rp 6 Miliar

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 21 Apr 2021 13:30 WIB
Pesepak bola PSM Makassar melakukan selebrasi usai mengalahkan PSIS Semarang dalam pertandingan perempatfinal Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (9/4/2021). PSM Makassar melaju ke semifinal setelah mengalahkan PSIS Semarang melalui adu pinalti dengan skor akhir 4-2. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa.
PSM Makassar diminta segera membayar tunggakan gaji Rp 6 Miliar. (Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto)
Jakarta -

NDRC Indonesia mengabulkan tuntutan pemain-pemain PSM Makassar yang gajinya tertunggak. Juku Eja harus melunasi kewajibannya membayar gaji sebesar Rp 6 miliar.

GM Asosiasi Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) Ponaryo Astaman pada Februari lalu mengungkapkan bahwa mayoritas pemain PSM gajinya tertunggak. Para pemain ini sudah melaporkan masalah penunggakan ke APPI sejak akhir tahun lalu.

Merespons laporan pemain, APPI mulai berkoordinasi dengan PSM pada 24 November 2020. Korespondensi kedua kemudian dilakukan pada 16 Desember.

Karena tak ada itikad baik, masalah ini akhirnya dilaporkan ke NDRC (National Dispute Resolution Chamber) yang merupakan badan sengketa pemain. NDRC pada akhirnya memutuskan PSM untuk melunasi gaji pemain dengan total Rp 6 miliar.

"NDRC Indonesia menyampaikan keputusan tertanggal 5, 6, dan 7 April 2021, memerintahkan PSM Makassar untuk membayarkan tunggakan dalam waktu 45 hari," tulis rilis APPI.

Adapun keputusan NDRC sudah berlaku secara hukum per 20 April. Dengan begitu, PSM punya waktu sampai 4 Juni 2021 untuk melunasi kewajibannya membayar hak pemain.

"Dan bila melewati batas waktu, maka tidak dapat melakukan pendaftaran pemain dalam 3 periode pendaftaran pemain. Total keseluruhan tunggakan mencarap Rp 6.000.000.000,-," lanjut rilis APPI.

Masalah penunggakan gaji pemain PSM pertama kali mengemuka setelah Giancarlo Lopes Rodrigues melapor ke DRC (Dispute Resolution Chamber) FIFA. Pemain asal Brasil itu kini sudah meninggalkan Juku Eja bersama dua pemain asing lainnya.

Cuma WIljan Pluim, pemain impor yang masih bertahan di PSM hingga saat ini. Setelah kasus Giancarlo mengemuka, ternyata mayoritas pemain PSM lainnya juga ditunggak gajinya.

PSM belum lama ini baru saja tampil di Piala Menpora 2021 dan melaju sampai babak semifinal. Mereka tampil di ajang pramusim dengan jargon #LocalPride alias 100 persen menggunakan pemain lokal.



Simak Video "Hadapi Persib Bandung, PSM Makassar Bawa 23 Pasukan"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)