Liga 1 Direncanakan Bergulir Mulai 3 Juli

Yudistira Imandiar - Sepakbola
Rabu, 21 Apr 2021 19:45 WIB
Kemenpora
Foto: Screenshoot/Kemenpora
Jakarta -

Kompetisi sepakbola Liga 1 Indonesia direncanakan bergulir mulai 3 Juli 2021. PSSI masih menunggu keluarnya izin penyelenggaraan pertandingan dari pemerintah dan pihak-pihak terkait.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 harus mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan semua pihak yang terlibat. Oleh sebab itu jalannya liga masih menunggu persetujuan dari pemerintah, kepolisian, serta Satgas COVID-19 terkait dengan protokol penyelenggaraan kompetisi.

"Perencanaan sudah kita siapkan. Semua item-item berkaitan dengan surat menyurat sedang kami siapkan baik itu rekomendasi kepada Pak Menteri (Pemuda dan Olahraga), baik itu Satgas COVID-19 dan nanti kepada pihak kepolisian. Kita akan mencoba bergulir kembali bulan Juli awal sekitar tanggal 3," jelas Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule dalam konferensi pers virtual di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Rabu (21/4/2021).

Adapun mengenai format Liga 1 dan Liga 2 yang akan digunakan, Iwan menyampaikan PSSI akan berkoordinasi dengan para klub peserta. Format home tournament misalnya atau tetap sistem kompetisi penuh akan dibahas lebih lanjut.

"Kami belum bisa memastikan, karena kita akan melakukan meeting dengan klub yang ada, bagaimana kendalanya dan lain sebagainya. Apakah sistem bubble to bubble atau lain sebagainya, yang pasti (masih) menunggu)," jelas Iwan.

Berkaca dari jalannya kompetisi pramusim Piala Menpora 2021 yang nyaris tanpa kendala dan permasalahan, Iwan Bule menyatakan pihaknya optimis izin penyelenggaraan liga utama bisa diperoleh. Hal itu akan menjadi berita baik bagi klub-klub sepakbola maupun para suporter di Tanah Air.

"Piala Menpora merupakan ujian bagi federasi apakah bisa menerapkan protokol kesehatan. Kami laporkan sampai sekarang berjalan dengan lancar normal tanpa ada hambatan sama sekali," ungkap Iwan Bule.



Simak Video "Dukung Kemajuan Sepakbola Nasional, Askot PSSI Parepare Gelar Kursus Pelatih"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)