Piala Menpora 2021: Kemenangan Kecil Sepakbola Indonesia

Yanu Arifin - Sepakbola
Senin, 26 Apr 2021 17:40 WIB
Persija Jakarta menjadi juara Piala Menpora 2021 usai menaklukkan Persib Bandung di dua leg pertandingan final.
Pertandingan final Piala Menpora 2021 antara Persib Bandung vs Persija Jakarta. (Foto: Pius Erlangga/Detikcom)
Jakarta -

Piala Menpora 2021 mencapai fase pemungkas pada Minggu (25/4/2021). Laga final antara Persib Bandung vs Persija Jakarta tuntas, dimenangkan Macan Kemayoran.

Di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, sebuah gol dari Osvaldo Haay membuat Persija memimpin di menit ke-51. Kemudian, Persib membalas lewat tendangan bebas Ferdinan Sinaga pada menit ke-82.

Dan gol dari Riko Simanjuntak di masa injury time membuat Persija kembali unggul. Tercatat, Marko Simic dkk menang di dua leg final, setelah 2-0 di Sleman, kini tim Ibu Kota menang 2-1 di Solo. Persija pun menggondol trofi juara Piala Menpora 2021.

Pemain Persija Jakarta bersyukur atas kemenangan timnya di babak final Piala Menpora 2021.Pemain Persija Jakarta bersyukur atas kemenangan timnya di babak final Piala Menpora 2021. Foto: PIUS ERLANGGA/Detikcom

******

Piala Menpora 2021 digagas dengan alasan sederhana. Sepak bola Indonesia vakum lama akibat pandemi corona, dan ada banyak pihak yang harus merasakan dampaknya.

Federasi, operator, klub, pemain, hingga para suporter harus menelan pil pahit ketika sepakbola tak bisa digelar. Namun yang lebih menyedihkan, adalah mereka yang 'cuma' menjadikan sepakbola sebagai katalisator kebahagiaan, juga turut tak bisa tersenyum.

Maka digagaslah Piala Menpora 2021. Meski ada sejumlah kekhawatiran akan meningkatnya cluster COVID-19 di Tanah Air, sepakbola Indonesia nyatanya tetap menggelinding. Sepakbola Indonesia melawan ketakutan dan skepitisisme.

Persiapan serius dilakukan pemerintah. Penerapan protokol kesehatan ketat dilakukan, simulasi pertandingan dijalankan, hingga memastikan semua pihak yang terlibat dalam gelaran Piala Menpora mendapat vaksinasi COVID-19.

Dalam hal ini, peran petugas medis pun begitu vital. Maka tak henti-hentinya Menpora Zainudin Amali mengucapkan terima kasih karena mau bekerja siang malam demi menjaga kelancaran Piala Menpora 2021.

Vaksinasi COVID-19 di Malang untuk peserta Piala Menpora 2021 Grup B.Vaksinasi COVID-19 di Malang untuk peserta Piala Menpora 2021 Grup B. Foto: PT LIB

"Kami memastikan penerapan protokol kesehatan, sebagaimana yang telah dipaparkan oleh PSSI dan PT LIB pada rakor di Kemenpora, dan juga yang telah disampaikan kepada pihak Mabes Polri, maka kami memastikan sekali lagi tentang persiapan penyelenggaraan pertandingan dan penerapan protokol kesehatan," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

"Tadi saya, dan Ketum PSSI (Mochamad Iriawan), serta panitia dan teman-teman lainnya memastikan dan mengecek dari awal. Mulai dari kesiapan menyambut kedatangan bus pemain, baik tim yang akan bertanding di laga pertama dan kedua, sampai dengan mereka selesai melakukan pertandingan," ujarnya menambahkan.

Kick off Piala Menpora 2021 pun resmi dilakukan. Pertandingan dibuka antara antara Tira Persikabo vs Arema FC digelar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (21/3/2021), yang berakhir 1-1.

Pada laga pertama itu, panitia pertandingan sukses menjalankan komitmennya. Optimistis laga-laga berikutnya berlangsung lancar pun membumbung.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Tinjau Piala MenporaKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Tinjau Piala Menpora Foto: (Ari Purnomo/detikcom)

"Pertandingan pertama juga berjalan lancar. Prokes sudah kita terapkan sudah sesuai. Artinya yang kita lakukan sudah sesuai dengan yang kita susun prokesnya," tutur wakil Organizing Committe Sudjarno.

Para suporter pun sadar akan bahaya pandemi. Sepanjang turnamen, nyaris tak ada ribut-ribut, bahkan nekat menggelar nobar yang bisa memicu penyebaran virus. Semua patuh, semua ingin melihat sepakbola Indonesia yang sehat lagi.

Sejumlah suporter Persis Solo berkumpul diperempatan Ngarsopuro untuk mengkampanyekan nonton Piala Menpora di rumah saat pandemi.Sejumlah suporter Persis Solo berkumpul di perempatan Ngarsopuro untuk mengkampanyekan nonton Piala Menpora di rumah saat pandemi. (Foto: Agung Mardika)

*****

Piala Menpora 2021 benar-benar menjadi oase bagi masyarakat Indonesia. Pertandingan dari Persija Jakarta, Persib Bandung, PSS Sleman, Bali United, serta merta menghidupkan gairah di wilayah Indonesia yang sedang terdampak virus corona.

Sebanyak 39 pertandingan digelar sejak fase grup hingga final. 96 gol tercipta, atau rata-rata ada 2.46 gol tiap laga.

Sejak fase grup, wajah khas sepakbola Indonesia pun kembali terlihat. Adu kreatif suporter, sampai drama-drama yang terjadi di dalam lapangan, mewarnai keseruan Piala Menpora 2021.

Topik-topik percakapan di media sosial pun ramai membahas Piala Menpora 2021. Masyarakat Indonesia kembali sibuk mendukung tim kesayangan, memupuk rasa sportivitas yang sempat redup setahun terakhir.

*******

Hingga laga final antara Persib vs Persija tuntas, maka Piala Menpora 2021 menjadi bukti bahwa sepakbola Indonesia bisa melewati ujian berat. Sepakbola Indonesia, dengan segala kekurangan dan kelebihannya, menunjukkan masih bisa menggelinding di atas rumput hijau.

Maka bagi sepakbola Indonesia, Piala Menpora 2021 adalah kemenangan kecil di tengah pandemi. Sebuah oase kebahagiaan bagi para penggila sepakbola Tanah Air yang sempat bermuram durja.

Jika selanjutnya ada Liga 1 2021, maka masyarakat Indonesia tentu siap menyambutnya dengan senang hati. Tentu saja itu idealnya dapat disertai pula dengan catatan evaluasi, seperti adanya ulah sekelompok suporter usai partai final Piala Menpora 2021.

"Apa yang terjadi, bagi saya, apa yang sudah dilaksanakan PSSI dan panitia, itu menggambarkan kita suda bisa melakukannya," kata Menpora Zainudin Amali, dalam konferensi pers, Senin (26/4).

"Seperti yang saya bilang, turnamen ini ujian, dan ini sudah bisa kita lakukan dengan aman dan tertib. Kalau itu jadi ukuran pelaksanaan kompetisi musim 2021/2022, saya kira tak ada masalah," tegasnya.

(yna/mrp)