Sebagian Pemain dari Luar Negeri Susul TC Timnas Indonesia ke Dubai

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 28 Apr 2021 19:20 WIB
Para pemain Timnas berlatih di Lapangan D Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2021).
Sebagian Pemain dari Luar Negeri Susul TC Timnas Indonesia ke Dubai (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta -

Beberapa pemain dari luar negeri tak bisa memenuhi panggilan Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia di Jakarta. Tapi mereka akan menyusul langsung ke Dubai.

Mereka yang berkarier di luar negeri adalah; Syahrian Abimanyu (Newcastle Jets), Ryuji Utomo (Penang FC), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), dan Yanto Basna (PT Prachuap FC), Elkan Baggott (King's Lynn), Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk), dan Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica).

PSSI menjadwalkan TC di Jakarta akan digelar pada 1-9 Juni. Kemudian dilanjutkan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada 10-12 Juni.

"Pemain yang dari luar negeri nggak semuanya datang ke Jakarta, kan masih ada pertandingan mereka. Macam macam kapan mereka bisa gabung," kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri kepada wartawan.

"Karena di Eropa itu kompetisi lebih cepat selesai, anak-anak juga lebih cepat bisa bergabung. Kalau Egy itu tanggal 5, kalau Abi tanggal 15, macam-macam saya tidak begitu hafal," ujarnya.

Selain karena kompetisi, pemain dari luar negeri juga baru bisa dilepas klubnya masing-masing saat FIFA Matchday tiba. Adapun periode FIFA Matchday akan jatuh pada 31 Mei-8 Juni (UEFA dan Conmebol) serta 31 Mei-15 Juni (AFC, CAF, Concacaf, dan OFC).

Tapi kebijakan akan tetap diputuskan klub. Bisa saja pemain dilepas lebih cepat meski jadwal FIFA Matchday belum tiba.

Sementara itu, Timnas Indonesia juga akan menjalani dua laga uji coba serta tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai. Uji coba pertama melawan Afghanistan pada 25 Mei lalu Oman pada 29 Mei.

Kemudian dilanjutkan main tiga laga Pra-Piala Dunia melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir Uni Emirat Arab (UEA) pada 11 Juni. Semua laga uji coba dan Pra-Piala Dunia akan digelar di Dubai, UEA.

Bisa dipastikan skuad Timnas Indonesia belum akan komplet saat menjalani uji coba melawan Afghanistan. Karena pertandingan tersebut belum jatuh di jadwal FIFA Matchday.

"Lalu yang lainnya, seperti Syahrian Abimanyu langsung ke Dubai, Yanto Basna sudah di sini, terus Ryuji juga sudah di sini. Jadi Egy bisa ke sini (Jakarta) pada 5 Mei," ucap Indra Sjafri.

(aff/cas)