TC Timnas Indonesia Awal Mei, Ingin Pulangkan Pemain dari Luar Negeri

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 23 Apr 2021 22:00 WIB
Para pemain Timnas berlatih di Lapangan D Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2021).
Timnas Indonesia akan menggelar pemusatan latihan pada awal Mei. (Foto: Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta -

Timnas Indonesia akan menggelar pemusatan Latihan di Jakarta awal Mei. PSSI berharap pemain dari luar negeri bisa ikut bergabung.

TC Timnas Indonesia akan digelar, untuk persiapan dua laga uji coba melawan Timnas Afghanistan dan Timnas Oman. Kemudian, Timnas Indonesia juga akan lanjutkan kiprahnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Laga uji coba melawan Afghanistan digelar 25 Mei dan Oman 29 Mei. Kemudian, tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 menunggu Timnas Indonesia, dengan akan melawan Timnas Thailand (3/6), Timnas Vietnam (7/6), dan Timnas Uni Emirat Arab (11/6) di Dubai.

Guna maksimal, PSSI berharap beberapa pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri bisa bergabung. PSSI sedang berkomunikasi untuk mengusahakannya.

"Itu sedang kami komunikasikan, karena beberapa pemain kan cukup bagus yang di luar, mudah-mudahan dari klub luar mereka bisa memberikan dari kita," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan kepada wartawan.

"Karena penting buat kami untuk menyusun kerjasama pemain dari semua lini," ujarnya menambahkan.

Beberapa pemain Indonesia di luar negeri yang berlabel timnas adalah Ryuji Utomo, Saddil Ramdani, Yanto Basna, Asnawi Mangkualam, Bagus Kahfi, Witan Sulaeman, Brylian Aldama, Natanael Siringoringo, hingga Elkan Baggott.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sebelumnya sudah berencana untuk memanggil pemain dari luar negeri. Salah satunya adalah Asnawi, yang kini bermain di K League 2 bersama Ansan Greeners.

"Saya akan berdiskusi dengan Ansan Greeners apakan Asnawi Mangkualam bisa bergabung dengan Timnas Indonesia sepekan sebelum seleksi Timnas untuk main pada Juni," tutur Shin Tae-yong dikutip dari media Korea, sports-g, pada pertengahan April lalu.

Selain itu, para pemain yang bersinar di Piala Menpora 2021 juga berpeluang dipanggil.Sebut saja kiper PSM Makassar Hilman Syah, sayap Persib Bandung Frets Butuan, ataupun gelandang naturalisasi Persija Jakarta Marc Klok. Ada juga Assanur Rijal yang memperkuat Persiraja Banda Aceh, namun kini sudah pindah ke Persis Solo.

"Selama di Korea Selatan, Shin Tae-yong tetap memantau Piala Menpora. Sudah ada beberapa pemain dalam catatan dia untuk dipanggil ke pemusatan latihan," tutur Iriawan.

(yna/yna)