Jacksen F Tiago: Persipura Langsung ke Fase Grup Piala AFC 2021

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 29 Apr 2021 17:25 WIB
Jacksen F. Tiago
Jacksen F Tiago sebut Persipura Jayapura langsung ke fase grup Piala AFC 2021. (Foto: detikcom/Randy Prasatya)
Jakarta -

Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago mengklaim timnya sudah otomatis lolos ke fase grup Piala AFC 2021. Sebab, dua perwakilan Myanmar mengundurkan diri.

Seharusnya, Persipura akan memainkan babak playoff pada 19 Mei 2021 melawan pemenang dari laga Visakha (Kamboja) Vs Lalenok United (Timor Leste). Visakha dan Lalenok akan saling berhadapan lebih dulu di babak pra-eliminasi 2 pada 28 April.

Tetapi dua wakil Myanmar yakni Shan United dan Hanthawaddy United dikabarkan mundur. Situasi politik di Myanmar tengah memanas sehingga dua klub itu dikabarkan menarik diri.

"Kami sudah mendapatkan surat resminya, jadi sekarang kami harus melakukan rencana ulang untuk persiapan tim. Saya memang sudah berbicara ke manajemen tentang berbagai hal yang mungkin bisa saja terjadi," kata Jacksen kepada wartawan.

"Sekarang kami tidak perlu terburu-buru, punya waktu lebih banyak seperti untuk merekrut pemain atau menyusun agenda untuk uji coba," ujarnya.

Myanmar punya jatah yang sama seperti Indonesia terkait perwakilan mereka di Piala AFC yakni 1+1. Rinciannya satu klub otomatis ke fase grup dan satu jatah lainnya via play-off.

Shan United berhak lolos otomatis ke fase grup dan sudah kebagian masuk Grup I. Sementara Hanthawaddy United sama seperti Persipura yang harus mainkan laga play-off.

Terlepas dari klaim Jacksen, AFC sebenarnya belum merilis secara resmi terkait kabar ini terkait mundurnya dua klub Myanmar. Tetapi, jadwal Persipura mainkan babak play-off sudah tak ada di laman AFC.

Jika benar dua klub Myanmar mundur, Persipura bisa saja masuk Grup H untuk menggantikan Shan United. Di grup itu ada Kedah Darul Aman FC (Malaysia), Lion City Sailors FC (Singapura), dan Saigon FC (Vietnam).

(cas/raw)