Piala AFC: Klub Myanmar Tarik Diri, Persipura Bisa Langsung Melaju

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 22 Apr 2021 13:10 WIB
Logo Klub Liga 1 mulai dari Arema, Bali United, Borneo FC, Bhayangkara, Madura United, Mitra Kukar, Persebaya, Persela, Perseru, Persib, Persija, Persipura, PS Tira, PSIS, PSM, PSMS, dan Sriwijaya FC
Persipura Jayapura bisa langsung lolos ke fase grup Piala AFC 2021 kalau klub Myanmar mundur. (Foto: Infografis Detiksport)
Jakarta -

Perwakilan Myanmar di Piala AFC 2021 dikabarkan mengundurkan diri. Persipura Jayapura berpeluang diuntungkan langsung melaju ke fase grup tanpa jalani playoff.

Myanmar punya jatah 1+1 di ajang Piala AFC dengan rincian satu klub otomatis ke fase grup dan satu tim lainnya via playoff. Shan United tergabung di Grup I. Sementara Hanthawaddy United play-off.

Namun, situasi politik di Myanmar tengah memanas sehingga dua klub itu dikabarkan menarik diri dari keikutsertaan mereka di Piala AFC. Jika benar, Persipura bisa saja menggantikan Shan United untuk masuk ke Grup I.

"Kami belum dapat informasi apapun baik dari AFC maupun dari PSSI. Kami sampai saat ini masih fokus menatap play-off tanggal 19 Mei 2021," kata manajer Persipura Ridwan Bento Madubun kepada detikSport soal kabar mundurnya dua klub Myanmar dari Piala AFC 2021.

"Bila nanti AFC mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut, baru kami akan mengatur lagi program latihan dan lain-lainnya," ujarnya.

Sama seperti Myanmar, Indonesia juga punya jatah 1+1 di Piala AFC. Persipura yang kebagian jatah play-off dari Indonesia. Perwakilan Indonesia lainnya yakni Bali United langsung otomatis ke fase grup.

Adapun calon lawan Persipura di babak playoff adalah Visakha dari Kamboja atau Lalenok United dari Timor Leste. Visakha dan Lalenok akan saling berhadapan lebih dulu di babak pra-eliminasi 2 pada 28 April.

Sementara satu babak play-off lainnya dari zona ASEAN adalah akan dimainkan Hanthawaddy United melawan Chanthabouly (Laos) atau Kasuka (Brunei). Jadwal dan nasib Persipura bisa berubah, tergantung kepastian mundurnya klub Myanmar.

(cas/nds)