Jadwal Persipura di Grup H Piala AFC 2021

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 30 Apr 2021 18:20 WIB
Persipura Jayapura
Ilustrasi Persipura Jayapura (dok. PT Liga Indonesia Baru)
Jakarta -

Persipura Jayapura telah dipastikan batal menjalani laga play off Piala AFC 2021. AFC sudah menyertakan Mutiara Hitam gabung Grup H. Berikut jadwalnya.

Di Grup H, Persipura tergabung bersama Kedah Darul Aman FC (Malaysia), Lion City Sailors FC (Singapura), dan Saigon FC (Vietnam). Semua laga fase grup Piala AFC digelar secara terpusat, termasuk Grup H yang akan digelar di Singapura.

AFC juga memutuskan perubahan jadwal fase grup Zona ASEAN dari yang seharusnya digelar serentak pada 22-28 Juni. Grup H yang diisi Persipura menjadi 29 Juni-5 Juli. Sementara Grup I menjadi 30 Juni-6 Juli.

Fase grup Piala AFC 2021 menggunakan format single round-robin atau setengah kompetisi. Jadi, setiap tim hanya akan saling berhadapan satu kali saja.

Format dua leg baru akan kembali digunakan Piala AFC pada babak penyisihan. Yakni babak Zonal semifinal, Zonal final, Inter-Zone Semifinal, dan Inter-Zone Final.

Persipura akan menghadapi Kedah pada 29 Juni, Lion City Sailors pada 2 Juli, dan terakhir Saigin pada 5 Juli. Semua pertandingan akan digelar di Singapura yang ditunjuk AFC menjadi tuan rumah Grup H dan I.

Adapun kepastian Persipura otomatis masuk ke fase grup tal lepas dari mundurnya dua klub Myanmar dari kejuaraan ini. Shan United dan Hantharwady United terpaksa menarik diri karena situasi politik di dalam negeri yang tak memungkinkan mereka untuk berpartisipasi.

"AFC telah menerima konfirmasi dari Federasi Sepakbola Myanmar (MFF) soal mundurnya Hantharwady United dan Shan United dari Piala AFC dan Liga Champions Asia,' tulis pernyataan resmi AFC.

Dalam jadwal semula, Shan United menempati Grup H andai gagal di babak Kualifikasi Liga Champions Asia. Sementara Hantharwady United di jadwal semula seharusnya mainkan babak play-off Piala AFC seperti Persipura.

Jadwal Persipura Jayapura di Grup H Piala AFC 2021

1. 29 Juni 2021
Kedah Darul Aman Vs Persipura

2. 2 Juli 2021
Persipura Vs Lion City Sailors

3. 5 Juli 2021
Saigon Vs Persipura

(aff/cas)