Ada yang Nilai Arthur Irawan Tak Layak ke Timnas, Ini Kata PSSI

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 07 Mei 2021 21:53 WIB
Arthur Irawan saat berlatih.
PSSI mengungkap alasan Timnas Indonesia memanggil Arthur Irawan ke pemusatan latihan. (Foto: dok. PSS Sleman)
Jakarta -

PSSI merilis pernyataan soal pemanggilan Arthur Irawan ke Timnas Indonesia. Pasukan Garuda butuh personil tambahan dan Arthur bisa disertakan di internal game.

Rilis PSSI sekaligus menjawab soal pertanyaan publik soal pemanggilan Arthur. Pemain PSS Sleman itu dinilai tak cukup pantas untuk membela negara.

Permainan Arthur bersama PSS tak jarang dapat dikritikan suporter. Fans PSS beberapa kali meramaikan jagat media sosial saat Arthur diturunkan oleh pelatih Dejan Antonic

Arthur sendiri menjadi pemain keenam yang dipanggil menyusul ke Pemusatan Latihan Timnas Indonesia di Jakarta. Sebelumnya sudah ada sudah ada Muhammad Adi Satryo, Ilija Spasojevic, Rizky Ridho, Ady Setiawan, dan Didik Wahyu.

Mereka yang dipanggil ini bertindak sebagai pengganti setelah pencoretan yang dilakukan terhadap Yanto Basna dan Muhammad Riyandi. Sementara soal Arthur, PSSI menilai semua pemain punya hak yang sama untuk memperkuat Timnas Indonesia.

"Terkait Arthur Irawan, PSSI melalui coaching staff Timnas Indonesia menyatakan bahwa tidak bisa mendeskripsikan kualitas satu atau dua pemain. Hal ini karena semua pemain punya kesempatan yang sama untuk dilihat kemampuannya," tulis pernyataan resmi PSSI.

Sementara Arthur diproyeksikan untuk menggantikan posisi yang ditinggal Firza Andika. Bek sayap Tira Persikabo itu tak bisa memenuhi panggilan Timnas Indonesia.

"Apalagi saat ini kondisinya ada beberapa pemain yang cedera dan Firza Andika mengundurkan diri dari TC timnas Indonesia karena masih fokus menjalani pendidikan di Akademi TNI Angkatan Udara," lanjut pernyataan itu.

"Tim pelatih Timnas Indonesia juga membutuhkan pemain pada internal game hari ini (Jumat, 7 Mei) dan tanggal 11 Mei mendatang. Maka dari itu PSSI memutuskan melakukan pemanggilan kepada Arthur Irawan karena untuk melengkapi pemain yang sudah ada," begitu lanjutan pernyataan PSSI.

Tim asuhan Shin Tae-yong sudah menjalani TC di Jakarta sejak 1 Mei lalu. Rencananya tim akan diberangkatkan ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada 17 Mei mendatang.

Di Dubai, Timnas Indonesia bakal melanjutkan TC. Lalu memainkan dua laga uji coba akhir Mei. Kemudian dilanjutkan main tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 3-11 Juni. Semua pertandingan uji coba dan Pra Piala Dunia bakal digelar di Dubai.

(cas/mrp)