Soal Liga 1 Tanpa Degradasi, Ketum PSSI Serahkan ke Voter

Mercy Raya - Sepakbola
Rabu, 12 Mei 2021 20:30 WIB
Ketum PSSI Mochamad Iriawan (iwan Bule) bertemu Menpora Zainudin Amali. Pertemuan itu bahas nasib kompetisi sepakbola di Indonesia yang mati suri gegara Corona.
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, menyerahkan keputusan wacana kompetisi tanpa degradasi ke voters saat Kongres Tahunan. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, tak mau berspekulasi soal wacana Liga 1 2021/2022 tanpa degradasi. Menurutnya, semua keputusan ada pada pemilik suara.

Exco PSSI dikabarkan telah memutuskan meniadakan degradasi Liga 1 2021 lewat rapat yang berlangsung awal Mei lalu. Mereka mengklaim ada 13 klub Liga 1 yang disebut mengajukan hal tersebut sehingga suaranya diakomodir Exco PSSI.

Padahal jika mengacu pada Statuta PSSI, bahwa Liga 1 berjumlah 18 klub. Pada pasal 27 disebut bahwa pemilik hak suara Liga 1 adalah 18 klub. Maka jika degradasi ditiadakan, dipastikan kompetisi Liga musim 2022 akan menjadi 20 klub atau artinya tidak sesuai dengan aturan.

Wacana ini pun sempat menimbulkan pro-kontra bagi sejumlah pihak. Merespons polemik itu, Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, memilih menunggu hasil keputusan kongres pada 29 Mei mendatang.

"Saya tergantung pemilik suara nanti kami lemparkan (wacana itu). Ini kan baru wacana soal kenapa tidak ada degradasi? Situasi belum pulih, sekarang belum pulih, dan tidak semua klub siap," kata Iriawan kepada pewarta di Stadion Madya, GBK.

"Lalu ini kan masukan dari klub. Mereka yang kirim surat kepada kami. Akhirnya kami rapat Exco dan diputuskan akan membawa hal ini di kongres, dan mereka setuju. Jadi bukan sekarang diputuskan," dia menjelaskan.

Terkait penjelasan lebih detail munculnya rencana Liga 1 tanpa degradasi, IIwan Bule menjanjikan penjelasan akan dipaparkan pada kongres nanti.

"Nanti teman-teman bisa mendengar di kongres itu. Kami akan sampaikan, ini lo kenapa (tanpa degradasi), ada masukan? Lalu berapa banyak (yang mengajukan). Jadi ini belum diputuskan. Kami kembalikan ke kongres yang punya hak suara kan voter," Iriawan menegaskan.

Kongres selain membahas promosi-degradasi, juga membahas program-program PSSI pada tahun sebelumnya. Selain itu, untuk merancang program selanjutnya untuk tahun ini.

Pada kongres yang akan berlangsung tatap muka di Hotel InterContinental, Pondok Indah ini, juga diprediksi bakal membahas soal kepastian tanggal kick off Liga 1 dan Liga 2, dan formatnya.

Sebelumnya, Liga 1 sempat direncanakan bergulir pada 3 Juli, sedangkan Liga 2 berlangsung dua pekan setelahnya.

(mcy/cas)