Kemenpora: Izin Liga 1 Positif, Harusnya Tinggal Menunggu Hari

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 26 Mei 2021 18:30 WIB
Semenpora Gatot S Dewa Broto
Sesmenpora Gatot S Dewa Broto. (Foto: Semenpora Gatot S Dewa Broto. (Eva Safitri/detikcom).
Jakarta -

Kemenpora memastikan izin kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021 tinggal menunggu turun dari Polri. Dokumen rancangan dari PSSI dinilai sudah komplet.

Sebelumnya, Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto mengungkapkan izin kompetisi paling lambat turun pada 27 Mei. Artinya, tinggal satu hari sebelum izin dirilis.

Bagaimana kelanjutannya? Kemenpora, saat dikonfirmasi, yakin saat ini sudah tak ada halangan berarti yang akan menghambat Polri menahan izin gelaran Liga 1 2021/2022.

"Belum tahu ya, karena yang mengeluarkan izin ini kan Kapolri. Yang jelas dari jumpa pers kemarin positif ya sejauh ini," kata Sesmenpora Gatot S Dewa Broto kepada detikSport.

Dijelaskan Gatot, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mengurus izin sejak jauh-jauh hari. Bahkan sejak penyelenggaraan Piala Menpora 2021 berakhir.

Pada awalnya, dokumen dari PSSI dan PT LIB sempat kurang sehingga perlu dilengkapi. Tapi karena jeda waktunya panjang, masalah itu sudah bisa diatasi.

"Penyampaian dokumen dari PSSI pada 27 April sudah dikirim ke Kemenpora. Tetapi saat itu cuma 2 lembar, harus ada dokumen lengkapnya beserta lampiran seperti apa rencananya," ujar Gatot.

"Makanya kami komunikasi sama Waketum PSSI (Iwan Budianto) agar ini dilampiri secara lengkap. Waktu Piala Menpora itu bagus sekali, lengkap, orang bisa membaca gambaran prokesnya," tuturnya.

Dalam Rapat Koordinasi terakhir, kendala itu sudah diatasi. Dokumen perencanaan kompetisi sudah lengkap dan tinggal menunggu izin saja dikeluarkan Polri.

"Prinsipnya begini, tidak sulit bagi kami untuk mengeluarkan rekomendasi dari Kemenpora lalu diteruskan ke Polri. Tidak sulit, harusnya tinggal menunggu hari saja," ucap Gatot.

(yna/nds)