Liga 1 2021 Kick-off 10 Juli, Pakai Format 6 Seri di 6 Provinsi

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 29 Mei 2021 19:43 WIB
PSSI menggelar Kongres Tahunan pertama kalinya di masa pandemi COVID-19, di Hotel Raffles, Jakarta, Sabtu (29/5/2021). Agenda Kongres PSSI yang pertama memaparkan laporan pelaksanaan program PSSI tahun 2020 dan rencana program PSSI tahun 2021. Selain itu juga ada agenda lain seperti pengesahan anggota baru.
Kongres PSSI menghasilkan format baru Liga 1 2021 (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Liga 1 2021 bakal menerapkan format baru. Klub tak akan bertindak sebagai tuan rumah seperti rencana semula. Penggantinya adalah sistem seri sebanyak enam kali.

Seri pertama akan digelar di tiga provinsi yakni Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Seri kedua akan lanjut di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Seri ketiga di Jawa Timur. Seri keempat kembali ke Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Seri kelima kembali ke Jawa Tengah dan Yogyakarta, lalu seri keenam kembali ke Jawa Timur.

"Liga 1 tetap kompetisi penuh dengan 306 pertandingan tapi sistemnya dibedakan. Tadinya home and away masing-masing, sekarang menjadi sistem bubble to bubble dengan konsep sama seperti Piala Menpora," kata Wakil Ketua Umum PSSI saat memberikan keterangan pers seusai Kongres PSSI, Sabtu (29/5/2021).

"Tapi karena jumlah pertandingan hampir 10 kali lipat dibanding Piala Menpora kemarin, maka kami menggunakan sistem series," ujarnya menambahkan.

Dijelaskan Iwan Budianto, akan ada jeda istirahat bagi para klub setiap kali sebuah seri berakhir. Singkatnya, kompetisi akan dihentikan sejenak sebelum seri selanjutnya dimulai.

Meski format kompetisi berubah, PSSI berharap waktu penyelenggaraan tetap sesuai rencana. PSSI mau kompetisi ini tetap berakhir pada 22 Maret tahun depan.

"Akan ada waktu buat klub dalam satu kota, bertanding di beberapa stadion dan dikembalikan ke kampung halaman ke home ground masing-masing untuk latihan menghilangkan kejenuhan. Lalu kembali lagi ke sistem bubble yang pertama tapi jumlahnya ada 6 series," tutur Iwan Budianto.

"Kota penyelenggaraannya berganti-gantian. Jadi kotanya ada dari DKI-Jabar, istirahat kemudian masuk klaster Jateng, Jogja kemudian masuk lagi klaster Jatim, istirahat dan kemudian masuk lagi DKI-Jawa Barat," ucapnya.

"Jadi kemungkinan ada 6 series yang dilaksanakan. Target selesai Maret. Startnya saja yang tadinya 3 Juli mungkin jadi 10 Juli sambil tunggu pertandingan teman-teman wakil kami di Piala AFC," katanya lagi.

6 Seri Liga 1 2021

Seri 1: Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat
Seri 2: Jawa Tengah dan Yogyakarta
Seri 3: Jawa Timur
Seri 4: Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat
Seri 5: Jawa Tengah dan Yogyakarta
Seri 6: Jawa Timur

(nds/krs)