Kisah Kadek Agung: Dari Kecelakaan Motor Sampai ke Timnas Indonesia

Randy Prasatya - Sepakbola
Minggu, 06 Jun 2021 06:00 WIB
I Kadek Agung Widnyana Putra, Timnas Indonesia
I Kadek Agung sempat nyaris gagal menjadi pesepakbola karena kecelakaan motor. Foto: dok. PSSI
Dubai -

Perjalanan I Kadek Agung Widnyana Putra menuju Timnas Indonesia tak mudah. Di masa lampau, dia nyaris gagal menjadi pesepakbola karena kecelakaan motor.

Kadek Agung masuk skuad Timnas Indonesia senior besutan Shin Tae-yong, yang tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dia sukses menyumbang satu gol saat Indonesia mengimbangi Thailand 2-2 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Itu menjadi debut indah untuk Kadek Agung bersama Timnas Indonesia senior di ajang resmi. Namun, pencapaian gelandang kelahiran Luwus, Tabanan, Bali, 25 Juni 1998, itu melalui masa yang sulit.

Kadek Agung pernah mengikuti seleksi kabupaten dan kota untuk Timnas Indonesia U-19 era Indra Sjafri. Dia kemudian gagal gabung seleksi akibat kecelakaan motor saat pulang sekolah.

"Iya, waktu itu tahun 2014, saya mengalami kecelakaan sepeda motor, harus ada operasi tempurung kaki kiri yang retak, jadi istirahat satu tahun, beberapa waktu tidak sadar, saat dekat rumah tiba-tiba saya sudah tidak ingat lagi dan terbangun sudah di rumah sakit. Begitu tersadar, sudah banyak jahitan dan retak di tangan serta di dagu. Semua operasi pada waktu itu," kata Kadek Agung seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Orang tua dari gelandang Bali United tersebut sempat menangis. Ada bayang-bayang nasib baik tak berpihak kepadanya, namun Kadek Agung berusaha keras memupuk keyakinan bahwa semuanya belum berakhir.

"Orang tua waktu itu sudah menangis karena mereka tahu jika cita-cita saya ingin menjadi pemain sepakbola. Saya tidak putus asa, saya motivasi diri sendiri, dan dengan tekad yang kuat, saya sembuh dan sedikit demi sedikit kembali bisa berlatih sepakbola," sambungnya.

"Butuh waktu satu tahun bagi saya untuk tidak bisa bermain sepakbola dan berjuang pulih kembali," tegasnya.

Kadek Agung sempat masuk pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2019. Pada akhirnya dia gagal berangkat karena menjadi satu dari empat pemain yang dicoret Indra Sjafri di tahap akhir.

Kadek Agung pernah mengenyam ilmu sepakbola di SSB Putra Tresna pada 2013-2014. Dia kemudian beralih ke tim junior Bali United pada 2015-2017 dan pada 2018 naik ke tim senior.



Simak Video "Timnas Indonesia Karantina Cuma 5 Hari, Ini Alasan Ketum PSSI"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/yna)