Pengaruh Hasil Indonesia vs Vietnam Hari Ini ke Klasemen Grup G

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 07 Jun 2021 15:25 WIB
Timnas Indonesia dikalahkan Vietnam dengan skor akhir 1-2. Kini Indonesia menempati peringkat ketiga klasemen Grup B SEA Games 2019.
Pengaruh hasil Indonesia vs Vietnam ke klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Hasil pertandingan Indonesia vs Vietnam bisa mengubah klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Khusus Indonesia, sudah pasti menjadi juru kunci.

Indonesia akan berjumpa Vietnam di Stadion Al Maktoum Stadium, Senin (7/6/2021), pukul 23.45 WIB, dan tayang live di SCTV. Kedua tim punya target yang berbeda dalam menyambut laga ini.

Pasukan Garuda mau menjaga harga diri sekaligus berniat bangkit dibanding dengan enam pertandingan sebelumnya. Sementara Vietnam butuh poin bahkan kemenangan untuk menjaga momentum memuncaki klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G.

Saat ini Timnas Indonesia menjadi juru kunci Grup G dengan hanya meraih satu poin. Hasil imbang 2-2 kontra Thailand membuat Evan Dimas cs sudah tak mungkin beranjak dari posisi buncit.

Vietnam yang kini mengoleksi 11 poin bisa digusur dari puncak klasemen andai kalah dari Indonesia. Syaratnya, di pertandingan lain Uni Emirat Arab (UEA) yang kini mengoleksi 9 poin, bisa mengalahkan Malaysia.

Sementara itu, poin maksimal yang bisa diraih Timnas Indonesia adalah 7 poin andai menyapu bersih dua laga tersisa. Di sisi lain, tim peringkat ke-2 hingga ke-4 sudah meraih 9 poin.

Artinya Timnas Indonesia tidak akan beranjak naik peringkat sampai akhir kualifikasi nanti. Timnas Indonesia juga menjadi yang tim pertama yang dipastikan melakoni partai play-off Piala Asia 2023 karena status juru kunci fase grup.

Play-off Piala Asia nantinya berisi empat tim peringkat empat terburuk dan 8 tim peringkat kelima fase grup (juru kunci Grup A-H) dari babak Kualifikasi Piala Dunia. Di babak ini setiap tim akan bermain dua leg dengan menghadapi 1 tim play-off lainnya.

Siapa yang menang dari dua leg play-off akan melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia. Di babak ini nantinya akan ada 24 tim yang dibagi ke enam grup untuk memperebutkan 12 tiket ke Piala Asia.

Masih panjang perjalanan Timnas Indonesia andai mau memperebutkan 1 tiket Piala Asia. Pertama menangi dua leg babak play-off, lalu menjadi juara grup atau runner-up babak ketiga Kualifikasi Piala Asia.



Simak Video "Top 5: Indonesia Vs Thailand Imbang 2-2, Pemobil Cekcok Gegara Rotor"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/ran)