Ini Delapan Klub Peserta Piala Wali Kota Solo 2021

Ari Purnomo - Sepakbola
Selasa, 08 Jun 2021 13:00 WIB
Gibran Rakabuming Raka, walikota Solo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan tim peserta Piala Wali Kota Solo 2021. Foto: Ari Purnomo/detikcom
Solo -

Turnamen Piala Wali Kota Solo 2021 dipastikan digelar di Stadion Manahan, Solo, bulan ini. Gelaran yang akan berlangsung selama tujuh hari ini akan mempertemukan delapan tim, yang terdiri empat tim Liga 1 dan empat tim Liga 2.

"Delapan tim (peserta) sudah bersedia semua. Dari awal sudah bersedia, izinnya juga sudah keluar semua," ujar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan ditemui di Solo Techno Park (STP), Selasa (8/6/2021).

Empat klub Liga 1 yang akan bertanding di Stadion Manahan Solo dalam gelaran Piala Wali Kota Solo 2021 itu adalah Bhayangkara FC, Persib Bandung, Bali United dan Arema FC. Sedangkan dari Liga 2 ada Persis Solo, RANS Cilegon, Dewa United, dan PSG Pati.

Delapan tim peserta Piala Wali Kota Solo 2021Delapan tim peserta Piala Wali Kota Solo 2021 Foto: Dok. Piala Wali Kota Solo 2021

"Klubnya sudah fix itu, nanti mulainya 21-26 sistem knock out biar cepat (selesainya)," ungkap Gibran.

Gibran menambahkan, untuk pemilihan tim-tim yang akan bertanding di Piala Wali Kota Solo 2021 sudah menyesuaikan dengan jadwal masing-masing tim jelang Liga bergulir.

"Kemarin banyak yang nanya tim ini tidak diajak, tim ini tidak diajak. Ini bukan masalah tidak diajak, beberapa tim yang besar itu mau fokus latihan untuk persiapan liga," tuturnya.

Disinggung mengenai hadiah yang disiapkan bagi juara Piala Wali Kota, Gibran masih enggan membeberkan. Yang jelas untuk pendanaan kegiatan ini sepenuhnya dari sponsor dan tidak menggunakan APBD.

"(Anggarannya) dan Sponsor bukan dari APBD, hadiahnya nanti," pungkasnya.

Salah satu peserta Piala Wali Kota, Solo Bhayangkara FC, menyambut antusias undangan turnamen tersebut. COO Bhayangkara FC, Kombes Pol Sumardji mengatakan, Piala Wali Kota Solo 2021 bisa sebagai ajang guna memanaskan mesin setelah Piala Menpora beberapa waktu lalu.

"Kami sudah mendapatkan undangan. Turnamen ini cukup penting untuk mengasah performa tim sekaligus melihat perkembangan sebelum ke Liga 1," kata Sumardji.

Selain itu, Sumardji menambahkan, adanya turnamen Piala Wali Kota Solo akan menjadi bahan catatan pelatih Paul Munster untuk meracik strategi yang tepat menuju kompetisi resmi. "Apalagi peserta ajang ini campuran dari Liga 1 dan Liga 2. Tentu akan menjadi turnamen yang menarik."

(krs/cas)