Eks Leicester City Alie Sesay Lengkapi Pemain Asing Persebaya

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 13 Jun 2021 16:40 WIB
Alie Sesay, pemain asing paling anyar Persebaya.
Eks Leicester City Alie Sesay Lengkapi Pemain Asing Persebaya. Foto: Dok. Persebaya
Jakarta -

Lengkap sudah kuota pemain asing Persebaya Surabaya. Paling anyar ada Alie Sesay, pemain berdarah Sierra Leone yang sudah diperkenalkan Bajul Ijo.

Alie Sesay dikontrak Persebaya untuk mengarungi Liga 1 2021/2022. Persebaya cuma memberikan kontrak jangka pendek berdurasi 1 tahun kepada pemain berposisi bek tersebut.

Sebelum ke Persebaya, Alie Sesay bermain untuk Sebail yang merupakan peserta Liga Primer Azerbaijan. Sejak 2019 ia sudah datang ke Azerbaijan dengan memperkuat Zira, klub yang diperkuatnya sebelum pindah ke Sebail.

Dukungan dari Bonek, suporter Persebaya Surabaya, membuatnya yakin untuk menerima pinangan Bajul Ijo. Ia pun memutuskan untuk meninggalkan kariernya di Eropa untuk pertama kalinya.

"Saya dengar banyak soal sepakbola Indonesia. Terutama tentang fanatisme suporter. Sebagai pemain, membela klub dengan suporter fantastis ini adalah sebuah pengalaman terbaik. Saya senang berada di sini," kata Alie Sesay di laman resmi Persebaya.

Alie Sesay, pemain asing paling anyar Persebaya.Alie Sesay, pemain asing paling anyar Persebaya. Foto: Dok. Persebaya

Meski berlabel eks Leicester City, bek berusia 26 tahun sebenarnya tak pernah main di klub itu. Ia lebih banyak dipinjamkan ke klub kasta-kasta bawah kompetisi Inggris.

Pada 2013/14 ia dipinjamkan ke Colchester United yang bermain di League One. Semusim kemudian ia dipinjamkan ke Cambridge United dari League Two.

Setelah enam tahun di Leicester, ia akhirnya dilepas bebas transfer ke Barnet FC pada musim 2015/16. Setelahnya, ia pun berkelana ke Swedia, Yunani, dan terakhir Azerbaijan.

Sementara itu, Alie Sesay menjadi pemain asing keempat yang direkrut Persebaya Surabaya. Sebelumnya sudah ada Taisei Marukawa, Jose Wilkson, dan Bruno Soares.

Dari keempatnya, tinggal Bruno Soares yang belum datang ke Surabaya. Sementara Taisei dan Jose Wilkson sudah ikut latihan Persebaya dalam beberapa hari terakhir.

"Dia (Alie) kondisinya sangat bagus. Terakhir main tanggal 20-an (Mei), dan dia bermain 90 menit," beber dokter tim Persebaya, Pratama Wicaksana.

(krs/yna)