Dewa United Mundur dari Gelaran Piala Wali Kota Solo

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 22 Jun 2021 20:15 WIB
Dewa United
Dewa United Mundur dari Gelaran Piala Wali Kota Solo (dok Dewa United)
Jakarta -

Klub Liga 2 Dewa United memutuskan menarik diri dari turnamen pramusim Piala Wali Kota Solo 2021. Kenaikan angka kasus COVID-19 menjadi alasannya.

Dewa United tak mau mengambil resiko dengan tetap ikut turnamen yang sedianya digelar di Stadion Manahan, Solo, itu. Mereka mau timnya tetap sehat dalam mempersiapkan diri menuju Liga 2 2021.

"Terlalu berisiko buat tim jika tetap memaksakan diri ikut serta. Kami tak mau ambil risiko tersebut. Lebih baik kami fokus untuk persiapkan tim bermain di Liga 2," kata CEO Dewa United FC, Kevin Hardiman, dalam keterangan resminya, Selasa, (22/6/2021).

Lanjut Kevin, keputusan Dewa United FC untuk mundur juga mengacu pada data terbaru Pemprov Jawa Tengah yang menyebut ada 13 daerah di Jawa Tengah yang masuk zona merah Covid-19. 13 daerah itu adalah Kudus, Demak, Pati, Grobogan, Jepara, Blora, Pekalongan, Kabupaten Semarang, Brebes, Tegal, Sragen, Wonogiri, dan Kota Semarang.

"Solo memang belum zona merah. Tapi dari Solo ke Semarang sekarang cuma 1,5 jam lewat tol. Artinya resiko terpapar sangat besar, terutama dari orang tanpa gejala atau OTG yang terpapar COVID-19 dari Semarang menuju Solo," Ujar Kevin.

"Sehingga dengan berbagai pertimbangan tersebut, akhirnya hari ini kami putuskan untuk mundur dari Piala Wali Kota Solo 2021. Kesehatan dan keselamatan tim lebih utama buat kami. Apalagi Liga 2 segera bergulir dan itu adalah medan kompetisi kami sesungguhnya," ucapnya.

Piala Wali Kota Solo sedianya diikuti oleh 8 tim dengan rincian 4 tim Liga 1 dan 4 Tim Liga 2. 4 tim Liga 1 adalah Bhayangkara FC, Persib Bandung, Bali United, dan Arema FC. Sementara 4 tim Liga selain Dewa United adalah Persis Solo, PSG Pati, dan Rans Cilegon FC.

Piala Wali Kota Solo sendiri sudah terdampak kenaikan angka kasus COVID-19 di Indonesia. Turnamen ini sedianya digelar 20-26 Juni, tetapi diundur ke 27 Juni-3 Juli.

Nah, mundurnya jadwal membuat beberapa tim sudah mengisyaratkan diri bakal tarik diri juga. Salah satunya Bali United, alasannya mereka mau tampil di Piala AFC 2021 dengan jadwal pertandingan pertama mulai 30 Juni mendatang.

Selain Bali United, ada juga Persib yang mengisyaratkan mundur. Alasan Persib, penundaan jadwal membuat gelaran menjadi mepet dengan Liga 1 2021. Sementara Persib akan memainkan laga pertamanya di kompetisi dengan menghadapi Barito Putera pada 10 Juli.

(aff/cas)