Latih Persija, Eks Asisten Conte Fokus ke Hal Ini Jelang Liga 1

Mercy Raya - Sepakbola
Sabtu, 26 Jun 2021 15:40 WIB
KILMARNOCK, SCOTLAND - AUGUST 04: Kilmarnock manager Angelo Alessio looks on during the Ladbrokes Premier League match between Kilmarnock and Rangers at Rugby Park on August 04, 2019 in Kilmarnock, Scotland. (Photo by Ian MacNicol/Getty Images)
Angelo Alessio, pelatih Persija yang juga eks asisten Antonio Conte. (Foto: Getty Images/Ian MacNicol)
Jakarta -

Angelo Alessio, pelatih anyar Persija Jakarta, terus memoles kesiapan timnya jelang Liga 1. Ada yang jadi fokus utama mantan asisten Antonio Conte itu.

Pelatih kepala Angelo Alessio mengatakan dirinya terus menggenjot fisik para pemainnya sembari memperkuat pemahaman para pemain pada game plan yang disiapkannya.

"Saya baru sekitar sepekan di sini sehingga sangat penting berfokus pada beberapa konsep taktikal," kata Angelo dalam laman resmi Persija Jakarta.

Ia juga mengharapkan Macan Kemayoran bisa mendapatkan kesempatan menjalani laga uji coba lebih dulu sebelum Liga 1 bergulir. Program itu untuk mengukur perkembangan timnya. Apalagi setelah kehilangan tiga pemainnya, yakni Sandi Darman Sute, Heri Susanto, dan yang terbaru Marc Klok. Sampai kini, pemain berdarah Belanda-Indonesia itu belum diketahui belabuh ke klub mana.

Namun, Angelo Alessio tak merinci calon lawan yang diinginkannya untuk menghadapi Marko Simic Cs. "Yang pasti laga persahabatan sangat penting karena bisa menjadi tes yang bagus untuk kami."

Siap Pikul Beban Ekspektasi Jakmania

Pada Liga 1 mendatang, Persija Jakarta akan menghadapi PSS Sleman di laga pembuka. Pertandingan akan bergulir di Stadion Pakansari, Cibinong, pada 9 Juli 2021. Pelatih asal Italia itu mengaku siap dengan potensi ekspektasi besar dari suporter Macan Kemayoran.

Menurut Angelo, tekanan pendukung merupakan perihal normal dan wajar bagi seorang pelatih. Menurutnya, tekanan bagus untuk meningkatkan motivasi tim dalam meraih kemenangan.

"Bagi pelatih, lebih baik memiliki tekanan untuk menang daripada tidak ada sama sekali," kata Angelo.

Sebelum ke Persija, Angelo Alessio melatih Kilmarnock di Liga Skotlandia pada 2019. Kilmarnock adalah klub pertama yang ditanganinya sebagai pelatih kepala. Sebelumnya ia lebih dikenal sebagai asisten Conte di beberapa klub seperti Juventus, Chelsea, sampai di level timnas bersama Italia.

(mcy/krs)