Alfath Fathier, Pemain Ketiga Persija yang Pindah ke Persis Solo

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 03 Jul 2021 17:47 WIB
Alfath Fathier
Alfath Fathier, Pemain Ketiga Persija yang Pindah ke Persis Solo (Instagram/alfathfaathier)
Jakarta -

Alfath Fathier resmi dilepas Persija Jakarta ke Persis Solo, Kamis (1/7/2021). Ia menjadi pemain ketiga Macan Kemayoran yang pindah ke klub Liga 2 itu.

Sebelum Alfath, Persija Jakarta sudah lebih dulu melepas dua pemain ke Persis. Mereka adalah Sandi Darman Sute dan Heri Susanto.

Adapun Persija melepas Alfath karena sang pemain kesulitan bersaing di Macan Kemayoran. Sejauh ini, Alfatah memang kurang mendapat menit bermain di Persija.

"Persaingan di tim Persija saat ini cukup ketat sehingga melepas Alfath adalah keputusan terbaik agar ia punya menit bermain lebih banyak," kata Presiden Persija Mohamad Prapanca dalam rilis klub.

Alfath Fathier sebenarnya bisa bermain di dua sisi bek sayap, baik itu bek kiri maupun bek kanan. Tetapi pos bek kiri kerap diisi Rezaldi Hehanussa, sementara bek kanan menjadi milik Marco Motta.

Masih ada pula Tony Sucipto dan Novri Setiawan yang biasa menjadi deputi di dua posisi di atas. Oleh karenanya, kesempatan bermain Alfath pun menjadi terbatas.

Di Liga 1 2020 misalnya, Alfath tak mencatat penampilan dalam dua pertandingan Persija. Sementara di Piala Menpora 2021 Alfath cuma diturunkan dua kali.

"Kami berharap Alfath dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik ke depannya," ujar Prapanca.

Sementara itu, Alfath direkrut Persija pada awal 2020 lalu dengan durasi kontrak dua tahun. Tapi, tak dijelaskan status transfer Alfath yang masih punya kontrak di Persija.

(aff/pur)