Sekjen AFC: Piala AFC Zona ASEAN Belum Resmi Dibatalkan

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 06 Jul 2021 11:25 WIB
Logo Piala AFC
Piala AFC 2021 zona ASEAN belum dibatalkan. (Foto: dok.Istimewa)
Jakarta -

Sekjen AFC Datuk Windsor Paul John menegaskan belum ada keputusan resmi soal pembatalan Piala AFC 2021 Zona ASEAN. Datuk memastikan keputusan resmi akan segera diumumkan.

Dalam rilis terbaru AFC pada, Senin (5/7), memang tak ada penyebutan secara spesifik tentang pembatalan Piala AFC Zona ASEAN. Terkait potensi pembatalan memang bisa saja diambil, tetapi saat ini AFC masih menunggu perkembangan.

"Telah diputuskan kompetisi (Piala AFC) tetap lanjut dengan sisa laga yang ada, di saat yang sama, semua laga di semua babak yang tak bisa digelar karena meningkatnya angka penularan COVID-19, akan dibatalkan dan pembatalan itu dianggap sebagai kejadian force majeure," begitu tulis pernyataan AFC.

Sampai saat ini AFC masih mau melanjutkan Piala AFC 2021 Zona ASEAN dan Zona Asia Selatan bisa digelar. Kedua zona ini belum juga mendapatkan tuan rumah karena situasi COVID-19.

"Komite Kompetisi (AFC) sudah memutuskan bahwa grup-grup yang yang tak punya tuan rumah akan dibatalkan," kata Datuk Windsor Paul John, dikutip dari media Malaysia, Sinar Harian.

"Kami akan mengumumkan dalam 2-3 hari. Kalau ditanya apakah sudah dibatalkan? Belum, surat resmi dari kami belum dikeluarkan. Masih ada beberapa hari bagi AFC untuk menerima tawaran pengajuan tuan rumah," ujarnya menegaskan.

Pernyataan Datuk Windsor Paul John senada dengan Sekjen PSSI Yunus Nusi. Melalui komunikasi PSSI dengan AFC, Yunus Nusi menyebut bahwa Piala AFC Zona ASEAN masih punya harapan untuk digelar.

PSSI sendiri berniat menjadi tuan rumah Piala AFC 2021 Zona ASEAN sekaligus menjadi pengganti Singapura. Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali, masih disiapkan PSSI untuk menjadi lokasi venue pertandingannya.

"AFC masih menunggu kesediaan dari federasi asal klub peserta. Intinya masih menunggu perkembangan (COVID-19)," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport, Senin (5/7).

"PSSI masih tetap berharap menjadi tuan rumah, tetapi tentu menunggu perkembangan COVID-19. Kendalanya kan di pandemi COVID-19 ini. Opsinya masih di sana (Stadion Kapten I Wayan Dipta)," ujar Yunus Nusi.



Simak Video "Respons Ketua Asprov PSSI Jateng yang Disanksi soal Sertifikat Wasit"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/mrp)