Liga 1 Terus Ditunda, Pelatih Tira Persikabo Minta Kepastian

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 12 Jul 2021 15:47 WIB
Barito Putera vs Tira Persikabo bertanding di Grup A Piala Menpora 2021 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/3/2021).
Tira Persikabo khawatir Liga 1 2021 terus ditunda. (Foto: Dok. Liga Indonesia Baru)
Jakarta -

Pelatih Tira Persikabo Igor Kriushenko mulai gelisah dengan kepastian Liga 1 2021. Kompetisi kembali ditunda pelaksanaannya hingga akhir Agustus mendatang.

Perpanjangan penundaan kompetisi dari akhir Juli ke akhir Agustus makin menambah panjang masa vakum sepakbola Indonesia. Hampir 1,5 tahun Indonesia tanpa kompetisi sejak Liga 1 2020 dihentikan pada pertengahan Maret.

Igor Kriushenko menyarankan agar kepastian segera dipastikan terkait kompetisi. Pelatih asal Belarusia itu sudah menjadi bagian Tira Persikabo saat kompetisi dihentikan.

"Tidak bagus juga kalau terus ditunda, psikologis pemain pun pasti terganggu, dan sponsor pun mungkin sulit," kata Igor Kriushenko dalam rilis klub.

"Keputusan harus tepat, dilanjut atau tidak kompetisi. Situasi ini kurang bagus untuk pemain. Berkaca pada musim lalu, ditunda namun akhirnya tidak dilanjut," ujarnya.

Mantan pelatih Timnas Belarusia itu menilai bahwa Liga 1 bisa saja dijalankan. Kesuksesan penyelenggaraan Piala Menpora 2021 menurutnya bisa diulang dan diperbaiki kekurangannya di Liga 1.

Sayang keinginan Igor kemungkinan tak akan terwujud dalam waktu dekat. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah memutuskan kompetisi ditunda hingga akhir Agustus. Penundaan berpotensi diperpanjang lagi kalau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diperpanjang pelaksanaannya.

"Piala Menpora bisa jadi acuan, karena kalau semua taat protokol kesehatan, bisa dilihat berjalan dengan lancar seperti harapan kita semua," tutur Igor.

"Sekarang kami kami meliburkan aktivitas tim sampai tanggal 20 Juli mendatang untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait PPKM Darurat," ucapnya.



Simak Video "Taktik Nyeleneh Koeman, Pique Jadi Striker"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)