Shin Tae-yong Jadi Komentator Olimpiade 2021 di Korea

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 16 Jul 2021 18:45 WIB
Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan menjadi komentator Timnas Korea Selatan di Olimpiade 2020. ( Foto: Muhammad Robbani)
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong disebut akan menjadi komentator Olimpiade Tokyo 2020. Ia akan memandu pertandingan Timnas Korea Selatan pada gelaran ini.

Dalam laporan JoongAng Ilbo, total ada 11 orang pakar dari berbagai bidang yang akan mengomentari dan menganalisis pertandingan berbagai cabang olahraga. Para pakar ini terdiri dari praktisi maupun pekerja media.

Shin Tae-yong adalah salah satu pelaku sepakbola aktif yang akan memandu jalannya pertandingan Taeguk Warriors julukan Timnas Korea. Sementara Cho Bum-hyun yang merupakan pelatih baseball, bakal memandu olahraga populer di kawasan Asia Timur itu.

"Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong akan bersama tim ini (komentator Olimpiade 2020) dalam perjalanan tim sepakbola (Korea) yang mengharapkan hasil lebih baik dari Olimpiade 2012 (Korea meraih medali perunggu)," tulis laporan JoongAng Ilbo.

"Shin juga pernah menjadi manajer tim (sepakbola) Olimpiade dan di timnas. Tepatnya di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro yang mengantar tim sampai ke perempat final. Analisis dari Shin, yang punya kepribadian senang berbicara, akan menambah keseruan menyaksikan pertandingan sepakbola," lanjut laporan tersebut.

Dalam jadwal, sepakbola Olimpiade akan berlangsung pada 22 Juli-7 Agustus. Di saat yang sama PSSI menjadwalkan agenda Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia mulai 1 Agustus dalam menyambut playoff Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia bakal memainkan dua pertandingan melawan Taiwan alias home-away. Leg pertama digelar di Indonesia pada 7 September dan leg kedua di Taiwan pada 12 Oktober.

"PSSI awalnya berharap Shin Tae-yong kembali ke Indonesia pada 23 Juli sesuai izin yang diberikan kepadanya selama 28 hari yang dibagi yakni 14 hari karantina dan 14 hari check up di Korea Selatan. Namun karena masih membutuhkan waktu untuk medical check up, PSSI memaklumi," tutur Sekjen PSSI Yunus Nusi di laman federasi.

"Direncanakan kalau tidak ada kendala, Shin Tae-yong akan datang ke Jakarta pada 6 Agustus mendatang. Nantinya Shin Tae-yong akan memantau TC secara virtual terlebih dahulu karena yang bersangkutan masih di Korea Selatan," ucapnya.



Simak Video "Sekelompok Kecil Aksi Protes Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)