PSSI Izinkan Shin Tae-yong Mudik Usai Batalnya TC Timnas U-18

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 28 Jun 2021 17:42 WIB
Sejumlah pemain Tim Nasional Indonesia melakukan sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021). Latihan tersebut dipantau langsung Ketua Umum PSSI Mohammad Iriawan dan Kaesang Pangarep.
TC Timnas Indonesia U-18 batal, Shin Tae-yong boleh mudik ke Korea Selatan. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

PSSI mengizinkan Shin Tae-yong pulang ke Korea Selatan Usai batalnya pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-18. Pembatalan itu karena situasi COVID-19 di Jakarta.

Sedianya, Timnas U-18 akan menggelar TC di Jakarta mulai, Senin (28/6/2021). Namun pada akhirnya batal terlaksana karena situasi yang tidak memungkinkan.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan bahwa pelatih Shin Tae-yong saat ini sudah terbang ke Korea Selatan. Sang pelatih sebelumnya meminta izin PSSI untuk menunda TC Timnas U-18.

"Melihat kondisi dan rekam jejak kesehatan Shin Tae-yong maka dengan alasan kemanusiaan, Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) memahami dan menyetujui kepulangannya," kata Yunus Nusi dalam rilis federasi.
"Kita ketahui, selain TC Timnas U-18, juga ada banyak agenda Timnas lainnya yang sudah menanti kedepannya dan butuh kehadiran Shin Tae-yong," ujarnya lagi.

PSSI mengkhawatirkan kondisi Shin Tae-yong yang pernah sakit parah lantaran terpapar COVID-19 pada pertengahan Maret lalu. Ditakutkan sang pelatih bakal terpapar lagi saat angka COVID-19 tengah melambung tinggi saat ini.

Untuk itu, PSSI pun mengizinkan eks Pelatih Korea di Piala Dunia 2018 itu untuk pulang kampung. Meski sebenarnya agenda TC Timnas U-18 kali ini adalah bagian rencana dari Shin Tae-yong sendiri.

"Dengan ini kami menunggu update road map terbaru lagi dari Shin Tae-yong sembari menjalani pengobatan di Korea Selatan. Kami berharap pelatih Shin Tae-yong cepat sembuh dan segera kembali melatih Timnas Indonesia," tutur Yunus Nusi.

(cas/nds)