Shin Tae-yong Masih di Korsel, PSSI Bingung Panggil Pemain untuk TC

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 22 Jul 2021 15:17 WIB
Shin Tae-Yong dan Indra Sjafr
Belum ada pemanggilan pemain ke TC Timnas Indonesia, menunggu Shin Tae-yong. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Belum ada daftar pemain yang akan dipanggil ke Timnas Indonesia mengingat absennya Shin Tae-yong selaku pelatih kepala. Padahal Pemusatan Latihan (TC) bakal digelar 1 Agustus.

Shin Tae-yong masih berada di Korea Selatan sejak mudik pada 24 Juni lalu menyusul vakumnya kegiatan sepakbola Indonesia buntut meningkatnya kasus harian COVID-19. Janji awalnya, Shin Tae-yong pulang 1 bulan dan kembali ke Indonesia 23 Juli, sebagaimana klaim PSSI.

Ternyata sang pelatih memperpanjang masa liburnya hingga ke 6 Agustus. Belakangan diketahui Shin Tae-yong akan menjadi komentator sepakbola Olimpiade 2020, khususnya kiprah Timnas Korea.

Kondisi ini membuat tak ada kepastian soal siapa pemain yang akan dipanggil. Termasuk soal Elkan Baggott yang mulai diragukan untuk memperkuat Timnas Indonesia.

"PSSI masih menunggu daftar nama pemain yang dipanggil dari Shin Tae-yong buat Timnas Indonesia," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada wartawan.

Sementara itu, Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang cuma sampai 25 Juli 2021 menjadi angin segar buat Timnas Indonesia.

PSSI sempat mengagendakan Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia di luar Pulau Jawa dengan Samarinda dan Palembang menjadi lokasi alternatifnya. Dua lokasi itu sedianya akan dipilih karena TC tak bisa digelar saat penerapan PPKM Darurat di Jawa-Bali.

Rencananya, TC Timnas Indonesia akan dimulai pada 1 Agustus mendatang. Karena PPKM Darurat cuma diperpanjang singkat, Timnas Indonesia pun kemungkinan tak perlu minggat ke luar Pulau Jawa.

"Kalau PPKM sampai tanggal 25 Juli, mudah-mudahan Timnas Indonesia bisa menggelar TC di Jakarta," ujar Yunus Nusi.

(cas/rin)