PSSI Pertimbangkan Pindahkan Lokasi TC Timnas Indonesia ke Luar Jawa

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 07 Jul 2021 18:35 WIB
Yunus Nusi dan PSSI
Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengungkap wacana memindah pemusatan latihan Timnas Indonesia keluar pulau Jawa-Bali. (Foto: dok. PSSI)
Jakarta -

PSSI berencana memindahkan lokasi Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia. Kalimantan atau Sumatera tengah dipertimbangkan sebagai pengganti Jakarta.

Hal ini mengingat TC di Jakarta diprediksi masih tak akan bisa dilakukan dalam waktu dekat. Sementara agenda-agenda Timnas Indonesia berbagai kelas usia sudah menunggu.

Teranyar, agenda seleksi Timnas U-18 batal digelar pada 28 Juni lalu. Padahal, agenda itu menjadi road map Shin Tae-yong dalam menyambut Piala Dunia U-20 2023.

Karena batal terlaksana, Shin Tae-yong pun akhirnya memilih pulang ke Korea. Toh tak akan ada agenda TC Timnas Indonesia yang bisa digelar di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Sekarang PSSI sedang mempertimbangkan opsi stadion-stadion untuk bisa menggelar TC di tengah pandemi COVID-19 ini. Hal ini dilakukan jika memang Jakarta tidak memungkinkan untuk menggelar TC," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada wartawan.

Setidaknya sudah ada dua stadion yang tengah dibidik PSSI untuk menjadi lokasi alternatif buat TC Timnas Indonesia. Kriteria yang ditetapkan yang punya standar kualitas di atas rata-rata.

"Bila di luar pulau Jawa kami sudah memiliki dua opsi stadion, pertama Stadion Sriwijaya FC yang ada di Palembang. Kedua Stadion Batakan yang ada di Balikpapan, Kalimantan Timur," tambah Yunus Nusi.

Selain agenda Timnas U-18, ada juga Timnas U-16 yang mau bertanding di Piala AFF U-15. Tapi belum ada kepastian apakah Piala AFF U-15 akan tetap diadakan di tengah situasi COVID-19 di kawasan ASEAN.

Sementara Timnas U-22 bakal bertanding di SEA Games 2021. Begitu juga dengan Timnas senior yang bakal mentas di Piala AFF 2020 yang ditunda ke 2021.



Simak Video "Ikuti Kongres PSSI, Raffi Ahmad dan Kaesang Disambut Hangat Menpora"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/krs)