Ansan Greeners Kalah Lagi, Asnawi Gagal Penalti

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 24 Jul 2021 20:41 WIB
Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners
Foto: screenshot K League 2
Jakarta -

Ansan Greeners kalah 0-1 dari Gimcheon Sangmu pada lanjutan K League 2. Laga ini diwarnai kegagalan Asnawi Mangkualam melakukan eksekusi penalti.

Bermain di Stadion Ansan Wa, Sabtu (24/7/2021), Ansan lebih banyak tertekan dari tamunya. Gimcheon Sangmu lebih memegang kendali permainan, tetapi kesulitan juga dalam menciptakan peluang.

Pelatih Ansan Kim Gil-sik melakukan pergantian pemain pada menit ke-37 untuk mengubah situasi. Robson Carlos Duarte masuk menggantikan Lim Jae-hyeok.

Duarte yang berasal dari Brasil tengah menjadi supersub dalam beberapa pertandingan terakhir Ansan. Ia beberapa kali menjadi pahlawan Ansan lewat assist dan gol-golnya.

Tetapi Duarte tak begitu memberi banyak perubahan buat Ansan yang masih kesulitan menciptakan peluang. Sementara Asnawi Mangkualam tak bermain se-eksplosif biasanya lantaran timnya lebih banyak main di wilayah pertahanan sendiri.

Ansan Greeners mulai bermain menyerang setelah babak kedua berjalan 5 menit. Duarte dan Choi Geon-Joo mendapat tiga peluang berturut-turut dalam tempo 3 menit.

Tendangan Duarte dan Choi Geon-Joo sanggup dihalau pertahanan Gimcheon sehingga cuma menghasilkan tendangan sudut. Kemudian Choi Geon-Joo kembali nyaris mencetak gol dalam situasi serangan balik, sayang tendangannya melenceng.

Bencana buat Ansan datang pada menit ke-63 akibat kegagalan Yeon Jei-Min mengantisipasi umpan silang. Kecerobohan kapten Ansan itu menciptakan kemelut hingga membuat Cho Gue-Sung mencetak gol dan membawa timnya unggul 1-0.

Pemain pengganti Ansan, Anderson Cardoso Campos nyaris menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1 lewat tendangan kerasnya pada ke-80. Tapi kiper Gimcheon Gu Sung-Yun sanggup mementahkannya dengan menepis bola ke luar lapangan.

Kejadian memilukan terjadi pada menit ke-82 saat kapten Ansan Yeon Jei-Min tiba-tiba tersungkur di lapangan. Ambulans pun masuk dan mengangkut pemain bernomor punggung 4 itu untuk mendapatkan perawatan medis.

Di ujung laga, Ansan berpeluang menyeimbangkan kedudukan setelah Ko Tae-Gyu dijatuhkan di kotak terlarang. Asnawi ditunjuk menjadi eksekutor sekaligus mendapat kesempatan untuk mencetak gol pertamanya di K League 2.

Asnawi sukses mencetak gol tapi tak disahkan wasit lantaran rekannya Anderson Cardoso Campos masuk ke kotak penalti sebelum penalti dieksekusi. Saat tendangan 12 pas diulang, tendangan Asnawi melambung tinggi.

Pertandingan pun berakhir 1-0 untuk kemenangan Gimcheon. Ini adalah kekalahan kedua beruntun Ansan Greeners yang pada pekan sebelumnya takluk 0-4 dari Busan IPark.

(krs/nds)