PSS Lelang 'Sepatu Bersejarah' buat Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi

Jauh Hari Wawan S - Sepakbola
Senin, 26 Jul 2021 17:15 WIB
Danilo Fernando dan Adidas Copa Mundial yang dilelang (dok PSS Sleman)
Danilo Fernando dan Adidas Copa Mundial yang dilelang (dok PSS Sleman)
Sleman -

Manajer PSS Sleman Danilo Fernando ikut ambil bagian dalam aksi PSS for Humanity. Ia melelang salah satu benda bersejarahnya yakni sepatu.

Bagi pria asal Brasil itu, barang yang dilelang merupakan itu merupakan sepatu yang ia gunakan dalam pertandingan terakhirnya sebagai pemain profesional.

"Sebenarnya sepatu penuh sejarah bagi saya waktu itu main di Borneo FC 2014. Ini terakhir kalinya yang saya gunakan saat main sebagai pemain profesional di liga Indonesia, waktu itu masih Divisi Utama," kata Danilo dikutip dari YouTube resmi klub, Senin (26/7/2021).

Sepatu yang dilelang adalah Adidas Copa Mundial berwarna hitam. Sepatu itu juga yang jadi saksi bisu keberhasilan Danilo membawa Pusamania Borneo FC lolos dari Divisi Utama musim 2014.

Waktu itu, Borneo menghadapi Persiwa Wamena di partai puncak. Danilo mengenang pertandingan itu sebagai pertandingan yang ketat.

"Sejak saya mulai bermain sampai pensiun saya selalu pakai Copa Mundial. Ini juga yang sangat saya sayang karena waktu itu Borneo juara dan naik kasta ke ISL," tuturnya.

Tak hanya itu, selama musim 2014 dengan sepatu itu juga ia berhasil mengemas setidaknya 12 gol.

"Mudah-mudahan sepatu ini bisa dilelang dan hasilnya menjadi manfaat buat masyarakat yang membutuhkan," ucap pria 42 tahun itu.

Pemain yang sudah malang melintang di berbagai klub Indonesia mulai Persebaya Surabaya, Persik Kediri hingga Borneo FC itu berharap siapapun yang mendapatkan sepatu ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Bagi yang dapat, sepatu ini memang masih bisa dipakai tapi saya rasa lebih baik sebagai kenangan terakhir seorang legenda Danilo Fernando yang pernah main di Indonesia," pungkasnya.

Sementara itu, program PSS for Humanity ini adalah sebagai wujud kepedulian klub terhadap masyarakat yang terdampak COVID-19 di Kabupaten Sleman dan sekitarnya. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan di program ini. Pertama adalah promosi gratis untuk UMKM di akun Instagram resmi PSS.

"Para pelaku UMKM adalah yang paling terdampak selama pandemi ini. Untuk itu, kami ingin membantu mereka promosikan barang dagangannya lewat akun kami," urainya.

Program lain yang dilakukan adalah lelang barang atau memorabilia pribadi dan jersey PSS edisi Piala Menpora, seperti yang dilakukan oleh Danilo Fernando. Lelang dilakukan dengan dua cara yaitu secara daring atau online melalui unggahan foto di akun Instagram PSS dari tanggal 25 Juli hingga 7 Agustus 2021. Sementara di tanggal 8 Agustus akan dilakukan lelang secara live streaming di Youtube PSS TV.

(aff/mrp)