Korut Mundur, Lawan Timnas di Kualifikasi Piala Asia U-23 Bakal Berubah

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 31 Jul 2021 18:30 WIB
Timnas Indonesia U-19 memastikan tempat di Piala Asia U-2020 Uzbekistan. Itu setelah Skuat Garuda Muda seri dengan Korea Utara 1-1.
Timnas Korea Utara mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, lawan Timnas Indonesia mungkin berubah. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Timnas Indonesia U-23 terimbas dari mundurnya Korea Utara dari Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Dampaknya, AFC bakal mengundi ulang Grup G hingga Grup K.

AFC mau mengundi ulang karena Grup K yang ditinggal Korut kini cuma menyisakan dua tim saja yakni Jepang dan Kamboja. Sementara Grup G hingga J diisi oleh 4 tim.

Adapun Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup G bersama Australia, China, dan Brunei. AFC juga menunjuk 1 host untuk masing-masing grup, dimana Indonesia menjadi tuan rumah untuk Grup G.

"PSSI tidak ada masalah meski harus dilakukan drawing ulang yang bisa saja melawan tim yang berbeda di grup G. Kami siap melawan siapapun dan PSSI bertekad menjadi tuan rumah yang baik pada ajang Kualifikasi AFC U-23 2022 ini," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam rilis federasi.

Sementara itu, tuan rumah dan tim yang menempati pot 1 dari grup G hingga J Kualifikasi AFC U-23 2022 tidak akan diundi ulang. Dengan begitu, Australia dan Indonesia masih tetap akan menempati grup G.

Untuk China dan Brunei Darussalam kemungkinan tidak akan menempati grup G lagi. Sementara itu, babak Kualifikasi Grup G akan berlangsung pada 27 hingga 31 Oktober mendatang di Indonesia.

"PSSI menargetkan Indonesia dapat lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022. PSSI ingin pelatih Shin Tae-yong dapat mempersiapkan tim dengan maksimal untuk mengikuti event tersebut," ucap Yunus Nusi.

Turnamen yang dulunya Piala Asia U-22 ini belum pernah sekalipun diikuti oleh Indonesia. Terakhir, Timnas Indonesia U-23 gagal lolos dari kualifikasi untuk edisi 2020 karena gagal bersaing dengan Vietnam dan Thailand di Grup K.

(cas/mrp)