Liga 1 Segera Digelar dan Tinggal Diumumkan Saja?

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 03 Agu 2021 14:55 WIB
Logo Liga 1 2019
Foto: Agung Pambudhhy/detikcom
Jakarta -

Ada kabar Liga 1 dan Liga 2 2021 sudah mendapat lampu hijau untuk bisa digelar. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator pun terus mematangkan persiapan menuju kompetisi.

Dari informasi yang dihimpun, kepastian Liga 1 hanya tinggal menunggu pengumuman resmi saja. Kompetisi kasta tertinggi sepakbola nasional ini tetap akan digelar mulai 20 Agustus mendatang.

Berkaca dari penyelenggaraan Piala Menpora 2021, pengumuman resmi penyelenggaraan dilakukan oleh pihak-pihak terkait. Ada Kemenpora, PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Polri, hingga Satgas COVID-19.

PSSI sebelumnya menyebut bahwa pengumuman kepastian Liga 1 akan dilakukan oleh PT LIB sebagai penyelenggara kompetisi. "Untuk Liga 1, hari ini akan ada pengumuman dari PT LIB. Ditunggu saja update-nya untuk kompetisi ini," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada wartawan.

Ada juga kabar lain yang menyebutkan bahwa kepastian Liga 1 dan Liga 2 2021 akan diumumkan oleh Menpora Zainudin Amali. Tapi Amali sendiri menepis klaim tersebut dan menegaskan pengumuman terkait kompetisi tetap akan dilakukan PSSI.

"Siapa yang bilang? Masih tetap PSSI kok (yang mengumumkan). Mungkin harus disesuaikan tanggal mulai dan tempat pelaksanaannya. Liga 1 tetap lanjut," ujar Amali kepada detikSport.

Terkini, PT LIB baru saja melakukan pertemuan lanjutan dengan Asops Kapolri, Selasa (3/8/2021). Kedua pihak terus mematangkan persiapan penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021.

"Insyaallah sore (pengumuman Liga 1). Sekarang saya sedang di Mabes (Polri)," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada detikSport.

"Kami menginformasikan banyak hal tentang situasi dan kondisi terkini. Misalnya komitmen semua pesepakbola yang akan tampil di kompetisi," ujar Direktur Operasional PT LIB Sudjarno dalam rilis PT LIB terkait pertemuan dengan Asops Kapolri.

"Lalu apa yang dilakukan klub-klub di masa penantian dan menunggu kick-off, bagaimana kesiapan dan koordinasi kami dengan pihak televisi untuk menyiarkan seluruh pertandingan, sampai kampanye masif yang kami lakukan agar suporter tidak datang ke stadion. PT LIB dan PSSI sudah siap untuk menggulirkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Semua aspek teknis sudah kami matangkan," ujarnya lagi.

(krs/cas)