PSSI: Liga 1 2021 Kick Off 20 Agustus di Zona Hijau

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 03 Agu 2021 16:20 WIB
Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi
PSSI menegaskan Liga 1 2021/2022 akan bergulir 20 Agustus 2021, di zona hijau. (Foto: detikcom/Mercy Raya)
Jakarta -

PSSI mau menggelar Liga 1 2021/2022 mulai 20 Agustus 2021. Tetapi lokasinya penyelenggaraannya menyesuaikan situasi COVID-19, zona hijau prioritasnya.

Adapun keputusan kick off pada 20 Agustus diambil setelah PSSI berkonsultasi dengan Menpora Zainudin Amali dan Mabes Polri. Jadi seri 1, yang seharusnya digelar di klaster Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat, ada kemungkinan akan dipindahkan ke klaster lain.

Adapun dua klaster lainnya adalah klaster Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta serta klaster Jawa Timur. Sedianya seri 1 digelar di klaster Banten, Jakarta, Jawa Barat, kemudian seri 2-3 digelar bergiliran ke dua klaster lainnya.

"Seri 1 akan dimulai di zona hijau. Demikian juga untuk series-series selanjutnya akan dilangsungkan di zona hijau," tulis pernyataan resmi PSSI.

Terkait penyelenggaraan kompetisi di zona hijau, sebenarnya hampir semua wilayah di Jawa, yang notabene lokasi terpusat Liga 1, masuk dalam kategori zona merah. Tak ada lokasi yang masuk dalam kategori zona hijau.

Selain itu, belum diketahui masalah perizinan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait niat menggelar Liga 1 mulai 20 Agustus mendatang: apakah kompetisi sudah mendapat izin atau belum.

Terlepas dari itu, PSSI sudah mengagendakan pertemuan lanjutan dengan klub. Persiapan teknis kompetisi akan menjadi pembahasan utama.

"PSSI sudah mempertimbangkan banyak hal terkait kapan Liga 1 2021-2022 harus bergulir. Kami masih konsisten pada tanggal 20 Agustus Liga 1 akan bergulir. Untuk itu, dalam waktu dekat, kami akan menggelar pertemuan tatap muka dengan seluruh perwakilan klub Liga 1. Tentu kompetisi sementara akan tanpa penonton. Kita lihat perkembangan ke depan apakah bisa dengan penonton dengan kapasitas tertentu atau tidak," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam pernyataan resmi federasi.

"PSSI harus menjalankan kompetisi karena bisa berpengaruh terhadap penilaian FIFA, AFC, dan AFF terhadap kami. Apalagi kami juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, play-off Kualifikasi Piala Asia 2022 dan Kualifikasi Piala AFC U-23," ujarnya lagi.

(cas/krs)