Pelatih Persela Bersyukur Liga 1 2021 Segera Mulai, tapi...

Eko Sudjarwo - Sepakbola
Rabu, 04 Agu 2021 21:40 WIB
Persela Lamongan
Foto: Eko Sudjarwo/detikcom
Lamongan -

Pelatih Persela Lamongan Iwan Setiawan bersyukur mendengar Liga 1 2021 akan segera bergulir. Tapi kabar tersebut juga menghadirkan beban tersendiri lantaran mepetnya sisa waktu persiapan.

"Alhamdulillah mudah-mudahan berita ini benar, start kompetisi tanggal 20. Tapi kalau saya pribadi jujur aja di satu sisi senang karena kompetisi jadi berjalan. Terus di sisi yang lain saya berpikir bahwa waktu efisiennya kita tinggal 2 minggu," katanya kepada wartawan usai memimpin latihan, Rabu (4/8/2021).

Salah satu hal yang dikhawatirkan pelatih asal Medan tersebut adalah terkait kesiapan pemain dari segi fisik. Apalagi persiapan Persela sempat terhenti beberapa pekan karena adanya kebijakan PPKM. Mereka baru kembali menggelar latihan tim pada Senin (2/8/2021).

"Kan kita punya tiga minggu nih, dari tanggal 2 ke tanggal 20. Nah sementara minggu pertama ini jujur aja kami di sini sifatnya masih meraba-raba setelah kami libur. Sampai sejauh mana adaptasi kondisioning tim. Kedua sejauh mana pemahaman taktikal yang kita bangun sebelum libur kemarin," tuturnya.

Menurut Iwan, latihan pekan ini baru akan menjadi bahan evaluasi sejauh mana kesiapan pemain untuk mengarungi Liga 1 2021. Persoalan lain yang dihadapi Iwan Setiawan dalam mempersiapkan menyambut kompetisi adalah belum lengkapnya pemain Persela Lamongan. Hingga hari kedua latihan, masih ada beberapa pemain yang belum bergabung, seperti Bustomi, Akbar hingga Brian Ferreira.

"Tapi kalau melihat game kemarin dan tadi, tim kita bisa melakukan sampai sesi terakhir dengan intensitas cukup tinggi. Artinya masalah conditioning kita tidak drop terlalu jauh. Cuma tadi ada beberapa yang saya perbaiki masalah grup taktikalnya," ujar Iwan.

Persela Lamongan sendiri telah kembali menggelar latihan tim setelah beberapa pekan menerapkan latihan mandiri menyusul adanya kebijakan pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan angka kasus COVID-19.

Meski baru hari pertama tapi para pemain Persela Lamongan sudah dapat menu latihan dengan intensitas yang lebih tinggi jika dibandingkan ketika pertama kali menggelar latihan untuk persiapan Liga 1. Seperti diketahui, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator liga dan PSSImerencanakan Liga 1 2021 bakal bergulir pada 20 Agustus 2021.

(krs/aff)