Liga 1: Kapolri Minta Tes Swab PCR H-1 Pertandingan

Lucas Aditya - Sepakbola
Senin, 23 Agu 2021 18:35 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Listyo Sigit Prabowo, meminta tes swab PCR H-1 sebelum laga Liga 1 2021. (Foto: dok ist)
Jakarta -

Polri sudah memberi lampu hijau agar Liga 1 dan Liga 2 2021 bisa bergulir. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo juga meminta hasil tes swab PCR H-1 sebelum laga.

Polri memberikan keterangan mengizinkan Liga 1 bergulir, Senin (23/8/2021). Listyo Sigit bersama Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, yang memberikan keterangan.

Izin dari Polri ini diberikan H-4 dari rencana kickoff Liga 1 2021. PT Liga Indonesia Baru sudah merencanakan kickoff Liga 1 2021, Jumat (27/8).

Listyo Sigit meminta protokol kesehatan yang ketat dalam penyelenggaraan Liga 1 2021 di masa pandemi COVID-19.

"Pada saat akan melaksanakan kegiatan, satu hari sebelumnya harus PCR test untuk memastikan pemain dan ofisial dlm kondisi negatif COVID-19. Kemudian dibatasi ofisial, selesai kegiatan kembali dilaksanakan PCR test atau swab Antigen," kata Listyo Sigit dalam konferensi pers kepada pewarta.

"Di lokasi pun harus dipasang aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi digunakan untuk double check terkait aturan prokes."

"Ini sudah jadi kesepakatan. Ini wajib dipatuhi agar laju COVID-19 bisa diminimalkan, tapi di satu sisi kmai juga maklum agar masyarakat kegiatan-kegiatan bisa mulai beraktivitas. Sehingga semuanya bisa berjalan seiring laju COVID ditekan di sisi lain kegiatan perlahan ada kelonggaran," kata dia menambahkan.

Listyo Sigit juga menegaskan bahwa penyelenggaraan Liga 1 2021 akan dievaluasi secara berkala. Dia meminta komitmen penuh dari semua pihak agar kompetisi bisa berjalan lancar.

"Tentunya kegiatan ini akan dievaluasi. Jadi 3 kali kegiatan dievaluasi. Nanti dilihat kalau tak terdampak dengan penyelenggaraan tersebut, maka di pekan berikutnya akan ditentukan terkait penambahan lokasi pertandingan atau kebijakan-kebijakan lain untuk memberi kesempatan kegiatan berlanjut," kaya Listyo Sigit.

"Tentu catatan, apabila angka COVID kembali meningkat, kami tentu akan evaluasi-evaluasi disesuaikan dengan kondisi perkembangan COVID di lapangan."

"Mari sama-sama disepakati, hormati, komitmen yang sudah dibuat, sehingga pertandingan bisa diselenggarakan baik, event olahraga bisa berjalan," kata dia menambahkan.



Simak Video "Kapolri Minta Jajarannya Tak Bertindak di Luar Prosedur saat Dikritik!"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/krs)