Ketum PSSI Yakin Tiga Laga Liga 1 2021 Bisa Berjalan Lancar

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 24 Agu 2021 18:40 WIB
Ketum PSSI Mochamad Iriawan (iwan Bule) bertemu Menpora Zainudin Amali. Pertemuan itu bahas nasib kompetisi sepakbola di Indonesia yang mati suri gegara Corona.
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, yakin 3 laga Liga 1 2021 berjalan lancar. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Ketum PSSI Mochamad Iriawan yakin tiga laga awal Liga 1 2021 bisa berjalan lancar. Ia percaya diri protokol kesehatan yang disiapkan sudah cukup ketat di kompetisi.

Liga 1 akan dibuka dengan laga Bali United melawan Persik Kediri di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (27/8/2021). Lalu Persipura Jayapura melawan Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/8).

Terakhir, ada Bhayangkara FC versus Persiraja Banda Aceh di Indomilk Arena, Tangerang pada, Minggu, (29/9). Cuma tiga pertandingan itu saja yang dirilis PT LIB pada H-3 jelang kick off Liga 1.

Nasib Liga 1 selama semusim ke depan akan sangat bergantung dari tiga laga itu. Andai ada pelanggaran, pemerintah bisa saja mempertimbangkan ulang izin penyelenggaraan kompetisi.

"Akan berjalan tiga laga dulu. Kapan selanjutnya? Kami baru tahu untuk laga 27, 28, 29 Agustus, itu nanti akan dievaluasi Satgas PPKM atau mungkin Satgas COVID-19," kata Iriawan saat memberikan keterangan pers, Selasa (24/8/2021).

"Insyaallah jalannya pertandingan nanti bisa seperti yang sudah berjalan sebagaimana pengalaman di Piala Menpora. Sehingga untuk kami sebagai panpel, itu sudah tahu siapa berbuat apa dan sebagainya," ujarnya menambahkan.

Adapun pemerintah memberikan syarat ketat selama berlangsungnya Liga 1. Misalnya kini semua tim diwajibkan menjalani swab test PCR dari yang sebelumnya hanya antigen test.

Tak cuma peserta, jurnalis yang hendak meliput pertandingan pun kini juga diwajibkan menunjukkan bukti bebas COVID-19 dari swab test PCR. Selain itu, data para peserta kini juga terintegrasi terkait vaksinasi. Semua wajib sudah dua kali dua kali vaksinasi untuk terlibat di Liga 1.

"Tidak boleh ada permasalahan. Kalau memang tidak ada permasalahan, dari kami, insyaallah tidak ada masalah. Ini sama kaya Piala Menpora, bedanya ini (Liga 1) lebih panjang. Dan kami sudah berpengalaman," ucap Iriawan.

"Nanti satu bulan setengah, istirahat 10 hari, jalan lagi. Di mana akan bertanding? Kami akan mengacu di data Satgas COVID-19 dari PPKM Jawa-Bali. Sementara yang dipersilakan di Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang Raya, Surabaya Raya. Kami pilih di Jabodetabek, dan pertandingan (pembuka) berlangsung di SUGBK," tuturnya.



Simak Video "Menpora Pastikan Polri Izinkan Liga 1 Digelar 27 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/ran)