Jika 3 Laga Sukses, Liga 1 2021 Akan Dilanjutkan 3 September

Mohammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 26 Agu 2021 18:03 WIB
Akhmad Hadian Lukita
PT Liga Indonesia Baru, lewat Akhmad Hadian Lukita, mengungkap Liga 1 2021 akan lanjut 3 September kalau 3 laga ujian sukses. (Foto: detikcom/Muhammad Robbani)
Jakarta -

Liga 1 2021 rencananya bakal dilanjutkan pada 3 September 2021. Tetapi hal itu baru bisa terjadi jika tiga laga awal percobaan berlangsung sukses tanpa cela.

Sejauh ini baru ada tiga jadwal pertandingan yang dirilis PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi. Liga 1 akan dimulai dengan laga pembuka yang mempertemukan Bali United melawan Persik Kediri di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada, Jumat (27/8/2021).

Lalu Persipura Jayapura melawan Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/8). Terakhir, ada Bhayangkara FC versus Persiraja Banda Aceh di Indomilk Arena, Tangerang pada, Minggu, (29/9).

Pertandingan akan berlangsung pada 27-29 Agustus, dengan rincian satu pertandingan perhari. Sesuai kesepakatan dengan pemerintah, tiga laga awal akan dievaluasi apakah pelaksanaan protokol kesehatannya cukup mumpuni atau masih kurang.

"Kalau tiga pertandingan ini lolos evaluasi, BRI Liga 1 langsung dilanjutkan pada minggu berikutnya. Liga 1 akan kami teruskan pada 3 September 2021 dengan catatan tiga laga awal berjalan tanpa hambatan dan hasil evaluasinya memuaskan," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

"Insyaallah, tiga pertandingan awal berjalan lancar. Mudah-mudahan jadwal bisa diumumkan pada awal pekan depan," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, klub-klub yang bertanding pada tiga awal sudah tiba di kota lokasi venue sejak Rabu (25/8). Berbagai tes COVID-19 sudah berulang kali dilakukan sejak kedatangan tim di kota lokasi venue.

Tes COVID-19 rutin dilakukan sebagai jaminan bahwa tak ada pemain atau ofisial yang terpapar virus Corona sepanjang Liga 1. Pemerintah memang mewanti-wanti agar sepakbola tak menjadi klaster penyebaran COVID-19.

"Saat klub datang langsung kami tes swab. Keesokannya (Kamis, 25 Agustus) juga mungkin ada pemeriksaan swab lagi. Jadi memang sedang kami pantau. Nanti masuk stadion harus kami swab lagi," tutur Lukita.

"Klub akan kami swab lagi hari H (pertandingan) di hotel. Setelah itu sudah clear, tidak boleh ke mana-mana. Nanti masuk stadion sudah clear semua. Karena tidak boleh bertemu siapapun setelah itu. Masuk pintu pun khusus di stadion. Pintu pemain," ucapnya menjelaskan.

(cas/aff)