Seleksi Timnas Indonesia U-18 Digelar buat Piala Dunia U-20 2023

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 31 Agu 2021 14:01 WIB
Timnas Indonesia U-18 mulai menggelar seleksi dan pemusatan latihan.
Timnas Indonesia U-18 sudah menggelar seleksi dan pemusatan latihan. (Foto: dok.PSSI)
Jakarta -

Timnas Indonesia U-18 telah memulai seleksi gelombang pertama di Stadion Madya sejak, Senin (30/8/2021). Seleksi ini untuk membentuk tim Piala Dunia U-20 2023.

Seleksi ini akan berlangsung hingga 11 September mendatang dengan total 72 nama pemain akan dipanggil. Seleksi yang tengah berlangsung saat ini adalah gelombang pertama dengan diikuti 36 pemain.

Shin Tae-yong mengatakan saat ini dirinya dalam kondisi yang baik. Ia pun bersemangat dalam memberikan materi latihan dalam kegiatan pertamanya seusai kembali ke Indonesia setelah sempat pulang kampung ke Korea.

"Kondisi saya tidak ada masalah, malah sangat bagus. Kami tadi memberikan menu latihan tes fisik, karena kita ingin tahu bagaimana kondisi fisik dari para pemain ini," kata Shin Tae-yong, dalam rilis federasi.

TC Timnas U-18 awalnya direncanakan akan digelar pada 28 Juni hingga 15 Juli lalu. Namun PPKM Darurat membuat TC ini tertunda dan Shin Tae-yong pun pulang kampung ke Korea.

Adapun TC ini digelar untuk mencari kerangka Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. Sebagaimana diketahui, PSSI perlu membentuk Timnas U-20 lagi setelah Piala Dunia U-20 2021 batal terlaksana.

"Mereka harus memiliki postur tubuh bagus, kami juga mencari pemain yang bisa bersaing dengan kualitas pemain lain di dunia. Karena nanti kami akan bermain di Piala Dunia U-20 dimana tim-tim yang bermain adalah tim yang sangat berkualitas," ujar Shin Tae-yong.

Muhammad Uchida serta Kakang Rudianto turut menjadi pemain yang dipanggil Timnas U-18 untuk seleksi gelombang pertama. Mereka sangat antusias menyerap ilmu dan ingin menembus tim utama Garuda Muda.

Mereka berdua mengakui materi latihan yang diberikan Shin Tae-yong cukup berat. Maklum, pelatih asal Korea itu langsung memberikan latihan fisik dalam seleksi ini.

"Latihan tadi memang agak berat. Tapi saya akan berusaha keras agar terpilih, karena pemain bisa saja keluar masuk dalam tim. Untuk itu, saya tidak akan menyerah, dan berkemauan keras agar bisa masuk ke dalam tim nasional," tutur Kakang yang merupakan alumnus Program Garuda Select.

"Latihan hari pertama cukup berat, karena kami baru datang semalam (Minggu, 29 Agustus) dan istirahat sebentar, lalu sorenya latihan. Tapi Alhamdulillah, masih bisa mengimbanginya," ucap Uchida, pemain muda Persija Jakarta peraih perunggu Muay Thai di SEA Games 2019.



Simak Video "China-India Memanas, Shin Tae-yong Terancam Dipecat"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/adp)