Timnas Mungkin Batal TC di Palembang atau Balikpapan

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 13 Jul 2021 17:45 WIB
Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi
TC Timnas Indonesia di luar jawa kemungkinan pindah. (Foto: detikcom/Muhammad Robbani)
Jakarta -

Ada kemungkinan Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia batal digelar di Palembang dan Balikpapan. Kedua kota ini kini masuk dalam kategori zona merah COVID-19.

Sebelumnya, PSSI mengutarakan niatnya untuk menggelar TC Timnas Indonesia di luar Pulau Jawa karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKKM) Darurat di Jawa-Bali. Karena menjadi hal yang mustahil bagi Timnas Indonesia untuk terus menggelar TC di Jakarta di masa PPKM Darurat.

Penerapan PPKM Darurat setidaknya sudah membatalkan agenda TC Timnas Indonesia U-18. Tim yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 itu batal menggelar TC di Jakarta yang seharusnya dimulai 28 Juni lalu.

Adapun dua lokasi sudah menjadi bidikan PSSI untuk TC Timnas. Dua lokasi itu adalah Stadion Batakan di Balikpapan, Kalimantan Timur dan Stadion Gelora Sriwijaya di Palembang, Sumatera Selatan.

Tetapi, Palembang dan Balikpapan kini juga masuk zona merah COVID-19. Penyebaran kasus virus Corona di sana juga sedang tinggi-tingginya akhir-akhir ini.

Menanggapi hal itu, PSSI membuka peluang untuk memindahkan lokasi TC Timnas Indonesia ke lokasi lainnya. Akan dipilih lokasi terbaik yang tak akan menghalangi agenda TC Timnas Indonesia terkait situasi COVID-19.

"Kami tetap melihat perkembangan demi perkembangan daerah-daerah yang bisa untuk pelaksanaan TC Timnas Indonesia," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport.

Selain agenda Timnas U-18, ada juga Timnas U-16 yang mau bertanding di Piala AFF U-15. Tapi belum ada kepastian apakah Piala AFF U-15 akan tetap diadakan di tengah situasi COVID-19 di kawasan ASEAN.

Sementara Timnas U-22 bakal bertanding di SEA Games 2021, tetapi ajang ini sudah ditunda ke 2022. Selain itu ada juga Timnas senior yang bakal mentas di Piala AFF 2020 yang ditunda ke 2021.



Simak Video "Pelonggaran PPKM untuk Anak-anak: Boleh Masuk Bioskop-Tempat Wisata"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)