Hasil BRI Liga 1 2021: Persebaya Dihajar Borneo FC 1-3

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 04 Sep 2021 20:15 WIB
Persebaya Surabaya
Hasil BRI LIga 1: Persebaya Surabaya dihajar oleh Borneo FC Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Persebaya Surabaya mengawali langkah di BRI Liga 1 2021 dengan kekalahan. Bajul Ijo dihajar Borneo FC 1-3.

Di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Sabtu (4/9/2021), Persebaya dan langsung menampilkan permainan tempo tinggi. Hasilnya Borneo berhasil unggul cepat saat laga baru berjalan 8 menit dari situasi bola set-piece hasil tendangan Jonathan Bustos.

Lini belakang Persebaya kelimpungan hingga akhirnya bola mendarat di kaki Francisco Torres. Bola kemudian diteruskan ke pemain muda Borneo Sihran Amrullah yang mampu menceploskan bola dari jarak dekat. 1-0 Borneo memimpin.

Unggul tak membuat Borneo mengendurkan serangan. Peluang demi peluang terus mereka dapatkan berkat penampilan agresif yang diperagakan anak asuh Roberto Mario Carlos Gomez.

Hambali Thalib sempat merespons dengan mengancam Borneo lewat tendangan bebas. Sayang pemain mungil Persebaya itu masih meleset dari sasaran.

Sementara itu, Borneo terus main agresif hingga membuat kiper Persebaya Ernando Ari sampai harus melakukan beberapa penyelamatan penting. Borneo melakukan pergantian cepat pada menit ke-33 karena Francisco Torres cedera dan tak bisa melanjutkan permainan.

Striker naturalisasi Guy Junior dipilih Mario Gomez untuk masuk ketimbang Boaz Solossa. Kehadiran Guy Junior menambah warna di lini depan Borneo yang terus menekan sampai akhir babak pertama.

Merespons ketertinggalan tim, Aji Santoso melakukan pergantian pemain untuk kubu Persebaya. Rendy Irwan sang pemain senior diturunkan untuk menggantikan Hambali Tolib pada menit ke-47.

Demi mengejar ketertinggalan, Persebaya berinisiatif main terbuka. Tapi itu malah menjadi bencana karena Borneo sanggup mencetak gol lewat situasi serangan balik.

Bustos dengan cermat mengirimkan umpan terobosan yang dikejar Terens Puhiri. Karena tinggal berhadapan dengan kiper, Terens dengan mudah menceploskan bola ke gawang dan membawa Borneo unggul 2-0 pada menit ke-48.

Ketinggalan 0-2 membuat permainan Persebaya kacau. Pesut Etam pun kembali mencetak gol pada menit ke-61 lewat Guy Junior yang sukses memanfaatkan assist Bustos. 3-0 Borneo memimpin.

Persebaya mencoba melawan. Rendi Irwan nyaris memperkecil ketertinggalan timnya pada menit ke-68, sayang tendangannya masih bisa diselamatkan kiper Borneo Angga Saputro.

Kegigihan akhirnya membuahkan hasil. Persebaya memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 lewat gol menyosor bola di depan gawang yang dicetak oleh Ricky Kambuaya.

Selepas gol itu Persebaya balik mengendalikan permainan. Tetapi tak ada gol tambahan yang tercipta sehingga kedudukan 3-1 untuk kemenangan Borneo atas Persebaya bertahan sampai pertandingan berakhir.

Susunan pemain

Borneo FC: 1-Angga Saputro; 74- Rifad Marasabessy (Marckho Sandy 72'), 4-Wildansyah, 19-Javlon 15-Leo Guntara (Nurdiansyah 79'); 12-Hendro Siswanto, 10-J Bustos, 8-Nuruddin Davronov; 28-Terens Puhiri (Fajar 72'), 9-Francisco Torres (Guy Junior 33'), 90-M Shiran.

Pelatih: Mario Gomez

Persebaya Surabaya: 21-Ernando Ari; 14-Sokoy (Arif Satria 56'), 13-Rachmat Irianto, 32-Rizky Ridho, 57-Akbar; 23-Ady Setiawan, 18-Hambali Tolib (Rendi Irwan 47'), 17-Ricky Kambuaya; 88-Alwi Slamat, 11-Supriadi (Samsul Arif 56'), 45-Johan Yoga.

Pelatih: Aji Santoso



Simak Video "Menpora Pastikan Polri Izinkan Liga 1 Digelar 27 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/krs)