Shin Tae-yong Belum Puas sama Seleksi Timnas Indonesia U-18

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 11 Sep 2021 15:00 WIB
Timnas Indonesia menuju SEA Games 2021
Shin Tae-yong Belum Puas Sama Seleksi Timnas Indonesia U-18 (dok PSSI)
Jakarta -

Timnas Indonesia U-18 sudah menyelesaikan seleksi tahap kedua. Tetapi Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong kurang puas dan mau menggelar seleksi tahap ketiga.

Seleksi Timnas U-18 sudah digelar sejak 30 Agustus lalu. Selama kurang lebih dua pekan, seleksi digelar dalam dua tahap. Yakni seleksi gelombang pertama dan gelombang kedua.

Setiap gelombang ini diikuti oleh 36 pemain. Sehingga totalnya ada 72 pemain yang mengikuti seleksi dari gelombang pertama dan kedua.

Seleksi gelombang pertama berlangsung dari tanggal 29 Agustus hingga 3 September. Kemudian berlanjut ke seleksi gelombang kedua yang berlangsung dari tanggal 6 sampai 10 September.

"Kami menggelar tes fisik untuk hari pertama, kemudian di hari-hari berikutnya kami berikan materi dan internal game yang terakhir dilakukan pada Kamis (9/9/2021) kemarin, kemudian hari ini (Jumat, 10 September) recovery," kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI.

Dijelaskan Shin Tae-yong, ia kurang puas dengan kualitas para pemain yang hadir pada seleksi gelombang kedua. Untuk itu, ia mau menggelar seleksi lanjutan gelombang ketiga.

"Untuk pemain yang menjalani tahap pertama, itu postur tingginya lebih bagus dari pada yang sekarang (kedua), dan kemampuan mereka juga lebih bagus. Persamaannya adalah, mereka semua berusaha keras untuk mendapatkan tempat di sini," ujarnya.

"Saya mencari yang bertalenta bagus, pekerja keras, dan dia juga memiliki jiwa dan kepribadian baik. Mereka kurang di penguatan otot, jujur di tahap ini mereka masih kurang. Untuk itu mereka harus fokus untuk menjaga nutrisi makanan mereka," ucapnya berpesan.

"Dan apabila tidak dapat info mengenai nutrisi, jangan malu-malu untuk bertanya kepada tim medis timnas atau masing-masing saat di klub," sambungnya.

Rencananya, seleksi gelombang ketiga Timnas U-18 akan digelar mulai 13 September. Tempatnya masih akan digelar di tempat yang sama yakni Stadion Madya, Jakarta.

Adapun seleksi ini digelar untuk mencari kerangka Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. Sebagaimana diketahui, PSSI perlu membentuk Timnas U-20 lagi setelah Piala Dunia U-20 2021 batal terlaksana.

(aff/krs)