Ini Alasan 3 Asisten Baru Shin Tae-yong Belum Tiba di Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 16 Sep 2021 14:50 WIB
Sejumlah pemain Tim Nasional Indonesia melakukan sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021). Latihan tersebut dipantau langsung Ketua Umum PSSI Mohammad Iriawan dan Kaesang Pangarep.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Tiga asisten baru Shin Tae-yong di Timnas Indonesia belum juga tiba. Rupanya mereka mengalami kendala vaksinasi.

Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic sudah disetujui oleh PSSI untuk menjadi asisten Shin Tae-yong pada 6 September lalu. Ketiganya adalah nama-nama pilihan Shin Tae-yong yang diajukan untuk menggantikan tiga asisten yang mengundurkan diri.

Meski sudah lebih dari pekan diumumkan, ketiganya tak kunjung datang ke Indonesia. Saat ini PSSI masih berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memanggil mereka.

"Kedatangan mereka harus sesuai dengan prokes yang ada dan harus diikuti. Salah satu kendala mereka adalah vaksin. Ketiganya vaksin belum tuntas. Kalau sudah selesai, nanti kami akan karantina dulu," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan kepada wartawan.

Kehadiran para asisten baru Shin Tae-yong ini dibutuhkan Timnas Indonesia. Rencana awal PSSI mereka bertiga akan langsung datang untuk menandatangani kontrak.

Karena belum hadir, Shin Tae-yong masih dibantu para asisten lokal. Saat ini, Shin Tae-yong sedang sibuk menggelar seleksi pemain buat Timnas Indonesia U-18.

Setelah itu pelatih asal Korea akan disibukkan dengan agenda Timnas Indonesia senior di play off Piala Asia 2023. Timnas Indonesia akan memainkan laga dua leg melawan Taiwan pada Oktober mendatang.

"Kurang lebih dalam beberapa pekan ini tiga asisten baru tersebut sudah datang, kira-kira bulan ini. Semua kan sudah setuju pada saat rapat Exco kemarin," ujar Iriawan soal asisten baru Shin Tae-yong itu.

(krs/bay)