Play-off Piala Asia: Indonesia Vs Taiwan Dipastikan di Thailand

mu - Sepakbola
Selasa, 28 Sep 2021 17:08 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan
Foto: Muhammad Robbani/detikcom
Jakarta -

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan Timnas Indonesia main play off Piala Asia 2023 di Thailand. Pasukan Garuda akan main dua leg pada 7 dan 11 Oktober.

Timnas Indonesia akan berhadapan dua kali melawan Taiwan. Sedianya pertandingan dua leg akan digelar dengan sistem home dan away pada September dan Oktober.

Situasi pandemi COVID-19 membuat PSSI dan Federasi Sepakbola Taiwan (CFTA) membuat kesepakatan untuk memainkan laga di venue netral. Sebelumnya PSSI sudah mengabarkan bahwa Timnas Indonesia jumpa Taiwan di Thailand.

Hanya saja PSSI dan CFTA masih menantikan kepastian dari AFC dan pemerintah Thailand. Kini PSSI memastikan bahwa laga play off Timnas Indonesia itu sudah pasti digelar di Thailand.

"Rencananya begitu, karena kan orang asing belum bisa masuk ke Indonesia. Walaupun sekarang sih sudah bisa," kata Iriawan di Kantor Kementerian Keuangan, Selasa (28/9/2021).

"Tetapi karena dalam bidding ketentuannya demikian, makanya begitu (ke Thailand). Jadinya kami sepakat main di luar," ujarnya menjelaskan.

Adapun Timnas Indonesia sudah menggelar Pemusatan Latihan (TC) di Jakarta sejak 19 September. Sebanyak 36 pemain dipanggil untuk diseleksi dan mencari tim terbaik untuk laga melawan Taiwan.

TC akan terus dilakukan sampai keberangkatan Timnas Indonesia ke Thailand. Tetapi pemain yang dipanggil disesuaikan dengan jadwal mereka dengan klubnya masing-masing di tengah berlangsungnya Liga 1 2021.

PSSI memastikan lokasi pertandingan Timnas Indonesia melawan Taiwan digelar di Stadion Chang Arena. Kandang dari klub Buriram United itu sebelumnya juga sudah digunakan dalam fase grup Liga Champions Asia 2021.

"Sudah fix ke Thailand, mungkin Timnas Indonesia berangkat pada h-7 atau awal Oktober," ucap Iriawan.

(krs/adp)