Agenda Timnas dan Liga 1 Bentrok, Jacksen F. Tiago Minta Keringanan

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 30 Sep 2021 17:47 WIB
Jacksen F. Tiago
Jakcsen F. Tiago meminta keringanan untuk pemain Persipura Jayapura yang dipanggil Timnas Indonesia. (Foto: Randy Prasatya/detikSport)
Jakarta -

Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago berharap PSSI memberikan dispensasi buat Gunansar Mandowen dan Ramai Rumakiek yang dipanggil ke Timnas Indonesia.

Gunansar dan Ramai Rumakiek termasuk dalam 30 pemain yang dipanggil Timnas Indonesia untuk laga playoff Piala Asia 2023 melawan Taiwan. Keduanya masih dibutuhkan Persipura pada pekan keenam Liga 1 2021 Vs Madura United, Minggu (3/10/2021).

Masalahnya, Timnas Indonesia akan berangkat ke Buriram, Thailand, lokasi pertandingan play off Piala Asia pada saat yang sama ketika Persipura jumpa Madura United. Pasukan Garuda akan menghadapi Taiwan pada 7 dan 11 Oktober.

"Semoga dua pemain kami bisa bermain pada pekan keenam Liga 1. Dan setelah itu mereka dapat berangkat ke Thailand bersama Timnas Indonesia," kata Jacksen F. Tiago saat memberikan keterangan seusai timnya kalah 0-1 dari Arema FC, Rabu (29/9).

"Kami perlu berkomunikasi dengan PSSI. Kalau diberikan izin, dua pemain itu bisa bermain dengan kami. Lalu mereka kembali ke Timnas Indonesia," ujarnya menambahkan.

Mepetnya agenda Timnas Indonesia dengan jadwal Liga 1 memang menjadi masalah. Sampai-sampai Persib Bandung tak mengirimkan pemainnya ke Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia yang sudah digelar di Jakarta sejak 19 September.

Hal ini tak terlepas dari kick off Liga 1 yang ditunda berkali-kali meski direncanakan sudah dimulai pada Juli lalu. Karena masalah perizinan, kompetisi akhirnya baru bisa dimulai pada 27 Agustus alias molor.

Kondisi itu membuat PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi harus memutar otak dengan memadatkan jadwal agar Liga 1 selesai tepat waktu. Pada akhirnya klub yang merasakan dampaknya karena pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia datang di saat kompetisi masih bergulir.

Adapun Jacksen mengaku tak keberatan pemainnya dipanggil Timnas Indonesia. Hanya saja ia meminta keringanan karena dua pemainnya yang dipanggil merupakan pilar Mutiara Hitam musim ini.

"Kami tidak ada masalah. Kami memang siap memberikan sumbangsih kepada bangsa. Persipura selalu bersyukur jika ada pemain kami yang diberikan kesempatan membela Timnas Indonesia," tutur Jacksen.

"Namun, pasti ada pengaruh untuk kami setelah mereka dipanggil ke Timnas Indonesia. Sebab, ada beberapa pemain terutama pemain asing yang masih belum bisa main," ucap pria asal Brasil itu.



Simak Video "Timnas Indonesia Karantina Cuma 5 Hari, Ini Alasan Ketum PSSI"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/adp)