Rifad Dicoret, Osvaldo Haay Kena 'Blacklist' Timnas Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 03 Okt 2021 11:20 WIB
Osvaldo Haay sudah bergabung dengan Timnas Indonesia untuk SEA Games 2021.
Rifad Dicoret, Osvaldo Haay Kena 'Blacklist' Timnas Indonesia (Foto: dok PSSI)
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mencoret Rifad Marasabessy karena alasan indisipliner. Selain itu, ia juga ogah memanggil lagi Osvaldo Haay ke timnya.

Rifad disebut datang terlambat ke Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia di Jakarta sejak, Kamis (30/9/2021). Ia memanggil 30 pemain yang salah satunya adalah Rifad.

Hanya saja, bek sayap Borneo itu datang terlambat memenuhi panggilan Timnas Indonesia. Tanpa ragu, Shin Tae-yong pun langsung mencoret Rifad dan menggantinya dengan pemain Bali United Yabes Roni

"Rifad datang melebihi waktu yang telah ditentukan untuk berkumpul di hotel. Ia tidak memberitahu saya alasan keterlambatannya. Karena itu saya mengeluarkannya dari pemusatan latihan," kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI.

Borneo selaku klub Rifad angkat bicara terkait pencoretan yang dialami salah satu pemainnya. Caretaker pelatih Borneo FC Ahmad Amiruddin menjelaskan bahwa keterlambatan Rifad karena kesalahan klub.

Ketika Rifad seharusnya berangkat ke Timnas Indonesia, Borneo punya agenda rapat bersama Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). Rifad diminta pihak klub untuk ikut serta dalam rapat tersebut.

"Miss-nya ada di kami, di manajemen. Waktu Rifad diminta untuk bergabung dengan Timnas Indonesia, mungkin sebelum jam makan siang, kami sedang meeting dengan APPI," ujar Ahmad Amiruddin.

"Jadi kami selesaikan dulu meeting dengan APPI, baru kami melepas Rifad ke Timnas Indonesia. Namun, karena waktu yang disiapkan pelatih Timnas Indonesia mungkin untuk makan siang bersama itu sudah lewat dan Rifadnya baru datang," tuturnya menjelaskan.

Pemain timnas Indonesia U-19, Muhammad Rifad Marasabessy.Rifad Marasabessy (kiri) (Dok.Humas PSSI)

Rifad langsung kembali ke Borneo setelah dipulangkan dari Timnas Indonesia. Eks pemain Madura United itu pun juga dilibatkan dalam pertandingan BRI Liga 1 2021 melawan Persita Tangerang, Sabtu (2/10).

"Kenapa kami mainkan Rifad (Vs Persita)? Itu untuk mengangkat moralnya. Kami tidak mau memvonis Rifad, namun kami harus mendukungnya," ucap Ahmad Amiruddin.

"Menurut saya ini cuma masalah miss. Tapi tidak apa-apa. Kami hormati keputusan Timnas Indonesia. Ketika dia kembali ke Borneo FC, saya langsung memainkan untuk mengangkat moralnya," katanya.

(Halaman selanjutnya, Osvaldo Haay kena 'blacklist')