Derby Mataram, Panpel Akan Lakukan Pengamanan Khusus

Ari Purnomo - Sepakbola
Jumat, 08 Okt 2021 18:47 WIB
Logo Liga 2
Logo Liga 2 (Istimewa)
Solo -

Laga tensi tinggi akan tersaji di Liga 2 pekan ketiga; Persis Solo vs PSIM Yogyakarta. Derby Mataram akan tersaji di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/10).

Bahkan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, kedua Wali Kota juga mengadakan pertemuan yakni Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Selain itu, Panitia Penyelenggara (Panpel) lokal Liga 2 juga akan melakukan pengamanan khusus untuk kedua tim.

"Ada pengamanan khusus, derby juga ada pengamanan khusus," kata Ketua Panpel Ginda Ferachtriawan kepada wartawan, Jumat (8/10/2021).

Ginda menambahkan, sebenarnya gelaran Derby Mataram berlangsung biasa layaknya pertandingan tim lain di grup C. Hanya saja yang kadang membuat tensi memanas adalah sosial media.

"Derby Mataram, secara normatif tidak ada banyak persoalan. Karena sifatnya tanpa penonton, kita berharap normatif sajam yang suka ramai itu sosmed," ucapnya.

Dia mengimbau kepada seluruh pencinta sepakbola, terutama suporter kedua tim agar menjaga kondusif dan tidak mudah terpancing dengan informasi yang tersebar di Sosmed.

"Jangan sampai saling share di Sosmed menimbulkan pemahaman yang salah. Makanya saya selalu menyampaikan, kita ikuti arahan dari Pemkot dan pusat, tetap prokes dan menonton dari rumah," tuturnya.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diharapkan, Panpel sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan para suporter. Panpel ingin memastikan bahwa keamanan kedua tim terjaga dengan baik mulai dari jelang laga sampai berakhirnya pertandingan.

"Kami selalu berkoordinasi dengan kepolisian, tim untuk memastikan mereka datang kapan, tidur dimana, latihan di mana," urainya.

"Kita juga komunikasikan dengan suporter kalau ada yang nobar agar memberitahu. Pak Kapolres juga sudah menyampaikan akan ada penyekatan di wilayah perbatasan dan sudah dimonitor," pungkasnya.

(aff/krs)