Suporter Dapat Lampu Hijau Nonton di Stadion, Ini Kata Gibran

Ari Purnomo - Sepakbola
Selasa, 12 Okt 2021 13:20 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (foto:Ari Purnomo/detikcom)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyambut baik adanya kemungkinan pertandingan sepakbola dengan kehadiran penonton. Ini katanya.

"Iya kayaknya mulai ada lampu hijau bukan cuma untuk itu tok (sepak bola) juga untuk semua kegiatan, sudah dikasih lampu hijau," ujarnya kepada wartawan, Selasa (12/10/2021).

Meski begitu, Gibran menyatakan, untuk kebijakan adanya penonton sepak bola pihaknya masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

"Nanti nunggu instruksi dulu, kita juga sudah tidak sabar juga (menyaksikan sepak bola langsung)," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan memberikan lampu hijau laga sepakbola disaksikan penonton lagi di stadion.

Luhut menilai kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia sudah membaik. Maka dari itu, pemerintah pun sudah terbuka ajang-ajang olahraga bisa disaksikan penonton lagi, termasuk sepakbola.

"Untuk pameran mobil (GIIAS), kami akan melihat nanti. Mestinya tidak ada masalah, tapi dengan protokol yang ketat," kata Luhut dalam pernyataannya yang ditayangkan di akun Sekretariat Presiden, Senin (11/10).

"Begitu juga dengan sepakbola. Presiden (Joko Widodo) minta evaluasi, dan nanti akan kita evaluasi. Nanti kita umumkan mungkin nanti akan ada penonton," ujarnya menambahkan.

Untuk langkah awal, pemerintah baru mengizinkan penonton hadir di stadion di bawah kapasitas stadion. Kalau bisa berjalan dengan baik, bukan tidak mungkin jumlah kehadiran yang lebih besar akan diizinkan di kemudian hari.

"Penonton 30 persen di beberapa kota yang levelnya sudah memungkinkan. Itu dengan persyaratan misalnya PCR untuk pemain dan official, dan penonton mungkin di-antigen. Segera kami putuskan dan umumkan," ucap Luhut.

(aff/bay)