Persija Pastikan Pulangkan Ryuji Utomo Pada Putaran Kedua Liga 1

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 19 Okt 2021 19:54 WIB
Persija Jakarta menggelar latihan perdana jelang Liga 1 2019. Latihan perdana diikuti sejumlah pemain baru seperti Bruno Oliveira de Matos dan Ryuji Utomo.
Ryuji Utomo akan dipulangkan Persija Jakarta di putaran kedua Liga 1 2021. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Persija Jakarta memastikan bahwa Ryuji Utomo akan kembali pada putaran kedua BRI Liga 1 2021. Ia saat ini tengah dipinjamkan ke klub Malaysia Penang FC.

Ryuji meninggalkan Persija sejak akhir 2020 lantaran kompetisi dalam negeri saat itu terus dalam kondisi tak pasti. Persija meminjamkan Ryuji selama satu tahun.

Di Malaysia, Ryuji cukup banyak mendapatkan kesempatan bermain. Tapi Penang tetap akan menghormati kesepakatan awal yakni memulangkan Ryuji ke Persija saat masa peminjamannya berakhir.

Selain Ryuji, Persija juga meminjamkan beberapa pemain lain. Sama seperti Ryuji, beberapa pemain yang dipinjamkan ke klub lain juga akan kembali di putaran kedua Liga 1.

"Ryuji kontrak (peminjaman) dia akan habis Bulan November dan dia akan kembali ke Persija. Karena kontraknya masih panjang, pasti dia akan memperkuat skuad Persija di putaran kedua," kata Presiden Persija Mohamad Prapanca saat memberikan keterangan, Selasa (19/10/2021).

"Karena Ryuji masih memiliki kontrak yang panjang dengan Persija. Begitu pula beberapa pemain yang masih tahap peminjaman, ada Resky Fandi atau Hamra Hehanussa nanti akan kembali ke Persija di putaran kedua," ujarnya menambahkan.

Melepas Ryuji dan beberapa pemain lain memang menjadi bumerang buat Persija. Di sektor belakang saja misalnya yang kini harus mengandalkan bek senior Maman Abdurrahman lagi.

Begitu juga di sektor-sektor lainnya yang kini banyak mengandalkan pemain-pemain muda debutan. Mulai dari Rio Fahmi hingga pemain 16 tahun Donny Tri Pamungkas.

Beruntungnya, Persija tak jeblok-jeblok amat. Sejauh ini Persija baru sekali kalah, dua kali menang, dan empat kali imbang.

"Untuk evaluasi, kami masih yakin bahwa Alessio adalah pelatih yang bagus untuk tim, sampai hari ini, di aman kami melihat performanya itu makin lama makin bagus," tutur Prapanca.

"Memang program latihannya baik juga, di mata kami, Alessio masih punya keyakinan bahwa apa yang jadi target manajemen mudah2an bisa tercapai," ucapnya.

(cas/rin)