Hasil Liga 1: Borneo FC Bungkam PSM Makassar 2-1

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 22 Okt 2021 22:59 WIB
Pesepak bola PSM Makassar Zikri Akbar (kanan) berusaha menghadang pesepak bola Borneo FC Terens Owang Priska Puhiri (kiri) pada pertandingan BRI Liga I di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/10/2021). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.
Borneo FC (merah) menang atas PSM Makassar. Foto: ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA
Solo -

Borneo FC bangkit dari tren buruk dan meraih kemenangan di pekan ke-8 BRI Liga 1 musim ini. Menghadapi PSM Makassar, skuad Pesut Etam mampu comeback dan unggul 2-1 di akhir laga.

Bermain di Manahan, Solo, Jumat (22/10), PSM unggul lebih dulu di menit ke-28. Berawal dari proses build-up yang baik dari lini belakang, serangan sampai di kaki Anco Jansen yang mengumpan kepada Ilham Udin di kotak penalti.

Sepakan Ilham masih bisa diblok oleh Wildansyah, namun bola liar sampai di kaki Yakob Sayuri, yang dengan tenang melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi oleh kiper Borneo FC, Gianluca Pandeynuwu. Skor 1-0 untuk Juku Eja bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, barulah Borneo bangkit. Gol penyama kedudukan hadir di menit ke-53. Terens Puhiri yang menerima umpan terobosan di kotak penalti PSM dari sisi kanan kemudian melepaskan umpan silang mendatar kepada Jonathan Bustos.

Bebas tak terkawal, Bustos langsung melepaskan tembakan keras mendatar ke gawang PSM. Meski arahnya ke tengah gawang dan sempat menyentuh tangan kiper PSM Hilman Syah, namun bola tetap melaju deras ke dalam gawang.

Gol tersebut menambah semangat para pemain Borneo FC. Upaya mencetak gol kedua pun akhirnya berbuah hasil di menit ke-66. Crossing yang dilepaskan oleh Marckho Merauje berhasil disambar Francisco Torres dengan sundulan yang bersarang telak di sudut kiri gawang Hilman Syah.

Tertinggal satu gol, PSM coba membalas. Upaya menyamakan kedudukan pun dilakukan, salah satunya lewat sepakan Rizky Eka yang membentur tiang di injury time babak kedua, namun tak ada yang sukses berbuah gol lagi hingga laga usai.

Dengan kemenangan 2-1 ini, Borneo FC naik ke posisi 11 klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 10 poin. Adapun PSM menempati urutan 7 dengan 12 poin.

Susunan pemain

Borneo FC: Gianluca Pandeynuwu, Safrudin Tahar (Leo Guntara 57'), Javlon Guseynov, Wildansyah, Marckho Merauje, Nuriddin Davronov, Hendro Siswanto (Paulo Sitanggang 84'), M Sihran (Sultan Samma 62'), Jonathan Bustos, Terens Puhiri, Francisco Torres (Wawan Febrianto 85')

PSM Makassar: Hilman Syah, Abdul Rahman (Zikri Akbar 25' (Ikhwan Azka Fauzi Wibowo 71')), HasimKipuw, Serif Hasic, Zulkifli Syukur, M Arfan, Sutanto Tan (Rasyid Bakri 53'), Willem Jan Pluim, YakobSayuri (Rizky Eka 53'), Anco Jansen, Ilham Udin

(adp/yna)