Shin Tae-yong Minta Timnas U-23 Jangan Minder Hadapi Australia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 27 Okt 2021 16:20 WIB
Timnas U-23, Shin Tae-yong
Shin Tae-yong Minta Timnas U-23 Jangan Minder Hadapi Australia (Foto; dok PSSI)
Jakarta -

Shin Tae-yong meminta Timnas Indonesia U-23 untuk lebih percaya diri menghadapi Australia. Disebutnya, anak asuhnya sudah minder duluan sebelum bertanding.

Timnas U-23 kalah 2-3 dari Australia pada leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Selasa (26/10/2021). Witan Sulaeman Cs tampil di bawah tekanan pada laga di Stadion Republican Central Dushanbe, Tajikistan.

Australia tampil sangat dominan atas Timnas U-23. Marc Tokich dan kawan-kawan sampai menguasai bola sebesar 72 persen berbanding 28 persen.

Beruntung bagi Timnas U-23 yang mampu mencetak dua gol ke gawang Australia lewat Witan dan Taufik Hidayat. Gol-gol itu bisa menjadi modal berharga untuk menghadapi Australia lagi, Jumat (29/10), demi menjaga asa lolos ke Piala Asia U-23.

"Menghadapi tim yang lebih baik secara fisik dan kuat, para pemain takut duluan. Padahal para pemain sudah punya kemampuan yang baik, tapi karena takut duluan sebelum bertanding," kata Shin Tae-yong seusai laga leg pertama.

"Jadi pemain tidak bisa menunjukkan performa yang baik. Untuk partai berikutnya harus percaya diri pasti bakal hasilnya akan lebih baik," ujarnya menambahkan.

Pelatih asal Korea itu juga masih punya harapan untuk meloloskan Timnas U-23. Meski kalah segala-galanya, semangat juang tim asuhannya masih bisa memberi perlawanan.

Hal itu lah yang diharapkannya untuk kembali ditunjukkan pada pertemuan kedua. Sementara kekurangan dari leg pertama menjadi bahan evaluasi tersendiri yang coba diatasi.

"Jadi secara mental sebenarnya para pemain sudah baik, karena meski kebobolan tapi masih bisa kejar sampai akhir," ucap eks pemain dan pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu.

"Sekarang lebih percaya diri karena bisa mencetak dua gol. Partai berikutnya kami harus bersatu dan juga harus percaya diri dan tim agar bisa mendapatkan kemenangan pada leg kedua," ucapnya.

(aff/adp)