Persib Belum Terkalahkan di BRI Liga 1, Apa Rahasianya?

Yudha Maulana - Sepakbola
Kamis, 28 Okt 2021 03:00 WIB
Pesepak bola Persib Bandung Wander Luiz Queiroz Diaz (kedua kanan) merayakan gol ke gawang PSS Sleman pada pertandingan BRI Liga I di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/10/2021). Pada pertandingan tersebut Persib Bandung menang atas PSS Sleman dengan skor 4-2. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.
Persib Belum Terkalahkan di BRI Liga 1, Apa Rahasianya? (ANTARA FOTO)
Bandung -

Persib Bandung belum terkalahkan di BRI Liga 1 sejauh ini. Maung Bandung diminta terus fokus ke tiap laga dan menghadapi kejutan tiap lawan!

Persib Bandung memuncaki klasemen sementara BRI Liga 1 usai mengandaskan PSIS Semarang di pekan ke-9 di Maguwoharjo, Solo pada Selasa (26/10/2021). Kemenangan ini juga sekaligus mengukuhkan Persib sebagai satu-satunya tim yang belum kalah musim ini.

Pelatih Persib Robert Alberts mengaku hasil itu membuatnya terkejut. Hematnya, hasil dari tiap pertandingan di Indonesia sangat sulit diprediksi terlebih di masa pandemi ini.

"Itu tidak mudah untuk kita, dan sangat unik juga ketika di pertandingan ke-9 kami bertemu dengan tim yang sama-sama belum terkalahkan, jadi itu sangat cepat dan tidak bisa memperkirakan sebelumnya," kata Robert dalam konferensi pers virtual usai pertandingan.

Dalam laga yang berlangsung ketat itu, Persib keluar sebagai pemenang setelah Febri Hariyadi mencetak gol tunggal pada menit ke-60. Robert akui Persib sempat mendapatkan tekanan, sebelum akhirnya bisa mengembangkan permainan sampai akhirnya berbuah gol.

"Seperti yang sudah diperkirakan bahwa pertandingan akan berjalan sangat ketat bagaimana PSIS Semarang berada di puncak kelasemen dengan permainan yang sangat atraktif. Mereka bermain secara positif football, kemudian mereka mempunya chemistry yang bagus diantara pemain dan sejauh ini kita melihat mereka bagaiman bermain dengan kolektivitas," ujar Robert.

"Kita bisa melihat bagaimana setelah satu setengah tahun liga tidak berjalan sekarang mulai sdekit demi sdikit kualitas bisa ditampilkan dan itu perlu proses," uca Robert melanjutkan.

Pelatih PSIS Semarang Ian Andrew Gullian mengaku kecewa dengan hasil yang diperoleh timnya. Namun begitu, hasil ini akan dijadikan pelecut bagi Laskar Mahesa Jenar untuk menghadapi laga selanjutnya kontra Bali United.

"Tentu kami kecewa karena kalah, tapi ini tes sesungguhnya karena Persib adalah salah satu klub besar. Namun saya sendiri sebagai pelatih bangga terhadap anak anak, kecewa pasti, yang pasti kita fokus ke pertandingan selanjutnya lawan Bali dan kita akan pulang ke Semarang dan mempersiapkan yang perlu kami persiapkan seperti game plan untuk menghadapi Bali United di laga berikutnya," kata Ian.

Kekalahan ini juga merupakan yang pertama dialami PSIS di sepanjang BRI Liga 1 2021. Ian mengatakan, kekalahan tentunya tak bagus untuk siapa pun, tapi ia enggan membicarakan itu lebih lanjut.

"Terkait kekalahan perdana PSIS tentu tidak pernah bagus untuk semua klub di dunia kalau kita mendapat kekalahan. Kami profesional saja, kami fokus ke laga berikutnya, come back di pekan depan, terkait performa saya juga tidak ingin banyak mengomentari pemain karena pemain juga sudah bekerja keras yang penting fokus di laga selanjutnya menghadapi Bali United dan persiapkan semaksimal mungkin," pungkas Ian.

(yum/aff)